Rabu, 21 Oktober 2020 | 06:27:48 WIB

Asah Kemampuan Menembak, Danlantamal X Jayapura Ajak Para Perwira Latihan Menembak Pistol

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 12:24 WIB
Asah Kemampuan Menembak, Danlantamal X Jayapura Ajak Para Perwira Latihan Menembak Pistol

(FOTO : DISPENLANTAMALX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Untuk mengasah kemampuan menembak perwiranya,  Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho S.E, M.M., mengajak para Asisten Danlantamal X dan Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Lantamal X latihan menembak pistol simulasi pembebasan sandera, di Lapangan Tembak Lantamal X Jayapura, Papua, Jum'at (17/10/20).

Pada latihan ini menggunakan senjata pistol jenis Sig Sauer, Walter, G2 Combat dan Tanfoglio. Diawali dengan latihan slow fire dan rafid fire dengan jarak 20 meter.

Setelah itu, Danlantamal X membuat kompetisi menembak reaksi cepat. Disimulasikan lima sasaran plat putih sebagai penyandera atau teroris dan 4 plat hitam sebagai korban sandera. Dengan aturan penilaiannya adalah setiap perwira dibekali 12 butir peluru, dengan waktu maksimal 41 detik setiap personil harus menjatuhkan sasaran plat putih sebanyak mungkin dengan waktu tercepat. Apabila ada salah satu plat hitam terkena tembakan maka peserta dinyatakan gagal atau gugur.

Pada kompetisi ini keluar sebagai yang juara satu yaitu Komandan Denma Lantamal X Letkol Marinir Oktofiansyah Rahman dengan catatan waktu 41 detik, menjatuhkan plat putih sebanyak 4 buah, sedangkan juara dua yaitu Pjs. Kasatkom Mayor Laut (E) Michel Ansanay dengan waktu 41 detik menjatuhkan 3 plat putih dan untuk juara tiga Kadiskum Lantamal X Letkol Laut (KH) M. Jumaidi, S.H., dengan 2 plat putih yang dijatuhkan dan catatan waktu 39 detik.

Sementara itu pada sesi latihan Rapid dan slow fire, Danyonmarhanlan X Letkol Marinir Rian Malfi meraih nilai tertinggi dengan nilai 164 point dan Wakil Komandan (Wadan) Lantamal X Kolonel Marinir Daniel Kreuta dengan 156 point serta Komandan Lantamal X Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., dengan nilai 140 point.

Dalam arahannya, Danlantamal X mengatakan, latihan dan pertandingan atau kompetisi ini semata untuk Fun dan happy untuk menemukan jati diri.  
"Disini saya bisa melihat karakter dan jiwa masing - masing peserta latihan menembak," ujar Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho.

Menurutnya, kunci meraih kemenangan harus sering berlatih agar petembak bisa mengetahui karakter senjata yang dipegang.

Hadir pada kegiatan menembak pistol terswbut Wakil Komandan Lantamal X Kolonel Marinir Daniel Kreuta, para Asisten Danlantamal X, dan para Kadis/ Kasatker Lantamal X Jayapura. (ARMAN R)

Berita Terkait