Rabu, 21 Oktober 2020 | 06:45:52 WIB

Paslon Nomor 1 Ajak Warga 6 Desa Pilih Sesuai Hati Nurani

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 19:33 WIB
Paslon Nomor 1 Ajak Warga 6 Desa Pilih Sesuai Hati Nurani

Paslon nomor urut 1 James Uang saat berpose beraama warga Akesahu/Gamsungi usai melakukan blusukan di 3 desa, di Jailolo Timur, kab Halbar, Sabtu (17/10/2020). (Foto: Aldy/Lindo)

HALBAR, LINDO - Pasangan calon (Paslon) Bupati Halmahera Barat (Halbar) Nomor urut 1, James Uang  (JU) mengatakan bahwa hak pemilih suara atau hak kedaulatan rakyat itu saat ini berada di tangan masyarakat, maka dari itu ia meminta pada paslon lain jangan selalu mengancam dan menakuti-nakuti pilihan rakyat.

"Kalau soal hak pilih jangan terlalu dipaksakan, biarlah mereka yang menentukan pilihan pemimpin mereka pada tanggal 9 desember 2020 nanti. Saya juga tidak paksa anda harus memilih saya dalam pilkada nanti, jadi yang saya harap pada paslon yang lain jangan ancam-mengancam pada warga apalagi dengan menakuti-nakuti dengan bantuan langsung tunai (BLT) pada warga 6 desa. Mari kita berikan pemahaman pada warga soal pendidikan politik yang benar," kata James saat blusukan ke desa Akesahu/Gamsungi kecamatan Jailolo Timur, kabupaten Halmahera Barat, Sabtu (17/10/2020).

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa kedaulatan hak pilih masyarakat tentu harus sama-sama dijaga dalam ajang ini. Merekalah yang menentukan masa depan negeri ini, sehingga   kebebebasan itu harus mereka bisa rasakan.

"Saya rasa kebebasan warga itu sangat penting, sehingga pada pemilukada nanti siapa yang mereka pemilih itu tentu itu mereka tahu. Kalian   sudah bisa paham apa yang saya jelaskan ini," jelasnya.

Sementara itu, beberapa warga yang ditemui media ini dilokasi acara mengaku sangat terpukau dengan pidato politik paslon bupati James Uang. Menurut mereka penyampaian JU sangat realitis dan pembelajaran politik yang sehat. Oleh sebab itu, mereka mengaku sangat terpikat dan sangat simpatik dengan sosok JU

"Beliau sangat cerdas dan benar-benar memiliki moral yang baik. Saya terharu dan tertarik dalam orasi politiknya. Oleh sebab itu, rasa rugi sekali kalau warga tidak memilih beliau untuk menjadi bupati Halbar," tandas Siti warga Akeamokao.

Sementara Haya Bay memilai bahwa sosok JU itu sangat memiliki khrisma tersendiri. Ia sangat cerdas dalam menyampaikan visi misi dalam orasi politiknya, karena yang bersangkutan sangat layak menjadi seorang pemimpin di kabupaten ini.

"Saya senang sekali paparan beliau dan sangat cocok jadi bupati kita di 2021-2026 ini. Sangat rugi sekali kalau warga tidak pilih beliau. Saya saja seluruh keluarga akan coblos pasangan Jujur di 9 Desember nanti," tegasnya.

Ketua posko relawan Jujur Akelamokao Jalal Langgar sangat menyambut baik dengan gagasan JU. Menurut dia, kalau kedatangan ia pada hari ini, untuk melakukan kampanye di tiga desa di Jailolo Timur adalah sesuatu yang sangat sakral dan nilai morilnya sangat tersentuh. Dan itu menunjukan bahwa kedatangan JU bersama tim kampanye di 3 desa di Jailolo Timur adalah pertanda sangat baik dan dipastikan pasangan Jujur akan terpilih jadi bupati dan wakil bupati Halbar dalam periode ini.

"Kalau saya lihat dari sosok beliau sangat cocok sebagai seorang bupati Halbar. Kedatangan beliau hari ini disesuaikan dengan kondisi alam sangat baik dan itu pertanda bahwa sosok seorang pemimpin layak diterima oleh alam ini. Muda-mudahan beliau menang dalam pemilukada ditahun ini. Dan itu pasti akan dipastikan di hari H nanti," paparnya.

ALDY M

Berita Terkait