Sabtu, 05 Desember 2020 | 06:24:01 WIB

Seskoal Paparkan Zona Integritas Di Hadapan Tim Penilai Kemenpan Reformasi Birokrasi

Kamis, 29 Oktober 2020 | 14:53 WIB
Seskoal Paparkan Zona Integritas Di Hadapan Tim Penilai Kemenpan Reformasi Birokrasi

(FOTO : BAGPENSESKOAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Wakil Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Wadan Seskoal) Laksma TNI Imam Musani, S.E., M.Si., selaku Ketua Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi (RB) Seskoal didampingi Tim RB Seskoal, memaparkan pelaksanaan pembangunan Zona Integritas (ZI) di lingkungan Seskoal, di Ruang Rapat Utama Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Selasa (27/10/20).

Paparan tentang pelaksanaan pembangunan ZI Seskoal menuju Wilayah Bersih dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) ini, dilaksanakan secara virtual dihadapan Tim Penilai Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), yaitu Analis Kebijakan dari Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian RB Dra. Hatni dan Rheza Yustian Dwi Cahya Agustin, A.Md.Ak. 

Ketua Tim Pelaksana RB Seskoal Laksma TNI Imam Musani, S.E., M.Si., dalam paparannya menyampaikan, Seskoal sebagai Balakpus Mabesal yang merupakan Lembaga strategis mengemban dua peran penting, yaitu sebagai Lembaga Pendidikan dan Lembaga Pengkajian. Berdasarkan Undang - Undang (UU) No.12 Tahun 2012 sebagai Lembaga Perguruan Tinggi menyelenggarakan Pendidikan vokasi Magister Terapan.

Ia menjelaskan, Seskoal bertugas sebagai penyelenggara dikbangkum TNI AL yang berdasarkan Perkasal Nomor Perkasal/17/VI/2012 tanggal 19 April 2012 yaitu Menyelenggarakan Pendidikan Pascasarjana (S2), Program Magister Terapan Prodi Strategi Operasi Laut dengan menyandang gelar Magister Terapan Operasi Laut (M.Tr.Opsla), yang berdasarkan surat ijin operasional Kementerian Dikti No 413/M/Kp/VII/2015 tanggal 07 Juli 2015. 

"Seskoal juga menyelenggarakan Pengkajian dan Pengembangan Konsep Strategis Bidang Keangkatanlautan dan Kemaritiman dengan mengidentifikasi, merumuskan serta memberikan saran pemecahan persoalan Hanneg, baik dalam bentuk pemikiran ilmiah maupun pokok-pokok pikiran pengembangan doktrin dan kebijakan strategis mengacu pada perkembangan ilpengtek," terang Laksma TNI Imam Musani.

Dijelaskan pula guna menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi Seskoal, maka Pembangunan Zona Integritas di lingkungan Seskoal mutlak dilakukan dengan pembangunan 6 area perubahan, yang meliputi Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Pelayanan Publik.

Pelaksanaan ZI ini sesuai dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yaitu untuk peningkatan program-program yang berbasis kinerja dan berorientasi hasil yang mendukung penguatan Reformasi Birokrasi. (ARMAN R)

Berita Terkait