Senin, 25 Januari 2021 | 00:56:13 WIB

Dankormar : Marinir Yang Ekspedisioner Dan Multirole Di Era Revolusi Indrustri 4.0

Jum'at, 6 November 2020 | 21:38 WIB
Dankormar : Marinir Yang Ekspedisioner Dan Multirole Di Era Revolusi Indrustri 4.0

(FOTO : DISPENKORMAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Untuk dapat menjawab segala tantangan, maka Korps Marinir harus dapat beradaptasi, berakselerasi dan berinovasi dengan melakukan perubahan serta pengembangan taktik dan strategi militer yang lebih terintegrasi sebagai Marinir yang Ekspedisioner dan Multirole di era Revolusi Indrustri 4.0”.

Hal demikian disampaikan Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Suhartono M.Tr (Han), saat memberikan pembekalan kepada Perwira Siswa Pendidikan Reguler Sekolah Komando Angkatan Laut (Pasis Dikreg Seskoal) Angkatan ke - 58 TA 2020, Jumat (6/11/20).

Dalam pembekalan yang berlangsung virtual melalui sambungan Video Conference (Vicon) yang disampaikan Dankormar, di Mako Kormar, di Jalan KKO Usman dan Harun, Kwitang Jakarta Pusat. Sedangkan Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA.2020 berada di Ruang Mess masing-masing, Jalan Cipulir, Jakarta Selatan.

Mengawali pembekalan, Komandan Seskoal Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., memberikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada Dankormar yang telah meluangkan waktu ditengah kesibukannya untuk memberikan pembekalan kepada Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA 2020. Disampaikan pula, kegiatan ini sesuai dengan salah satu point pada Prioritas pemerintah yaitu di dalam perkembangan revolusi industri 4.0.

Dalam pembekalannya, Dankormar menyampaikan, pemanfaatan teknologi yang disebut dengan revolusi industri 4.0 dan merupakan salah satu pelaksanaan proyek strategi modern jerman 2020 (germany’s high-tech strategy 2020) untuk menghadapi kompetisi global. Revolusi industri generasi ke-4 ini ditandai dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat dan masif. 

Menurutnya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat dan cepat telah melahirkan teknologi informasi dan proses produksi yang dikendalikan secara otomatis.

"Mesin industri tidak lagi dikendalikan oleh tenaga manusia tetapi menggunakan programmable logic controller (plc) atau sistem otomatisasi berbasis komputer. Revolusi industri generasi ke-4 ini memiliki skala, ruang lingkup, dan kompleksitas yang lebih luas, dengan kata lain industri 4.0 berhubungan erat dengan sistem otomatisasi dari keseluruhan sistem yang ada," terang Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Ia menjelaskan, perkembangan revolusi industri 4.0, ada berbagai teknologi yang akan menjadi pilar utama yang berpengaruh besar terhadap kehidupan digitalisasi, diantaranya adalah Internet Of Things (Iot), Argumented Reality, Big Data, Cyber Security, Artificial Intelligence, Addictive Manufacturing, Virtual Simulation dan Cloud Computing. 

Turut hadir mendampingi Dankormar,  Irkormar Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lasmono, dan para Asisten Dankormar. Turut serta mengikuti pembekalan dari ruang tunggu dosen Gedung R.E. Martadinata Seskoal, yaitu Wakil Komandan Seskoal Laksma TNI Imam Musani, S.E., M.Si, Kapusjianmar Seskoal Laksma TNI Suharto, S.H., M.Si dan Kaopsjar Seskoal Kolonel Laut (KH) Geger Jaka Kiswara, S.Pd., M.M. (ARMAN R)

Berita Terkait