Senin, 25 Januari 2021 | 02:20:07 WIB

Komandan Korps Marinir Pimpin Ziarah Rombongan Ke Beberapa Titik TMP Di Jateng

Senin, 9 November 2020 | 17:53 WIB
Komandan Korps Marinir Pimpin Ziarah Rombongan Ke Beberapa Titik TMP Di Jateng

(FOTO : DISPENKORMAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Teruskan Perjuangan Para Pahlawan. Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)., didampingi Ketua PG Jalasenastri Korps Marinir Ny. Etta Suhartono dan para Pejabat Utama Mako Kormar serta Pengurus PG Jalasenastri Korps Marinir, melaksanakan Ziarah Rombongan ke beberapa titik Taman Makan Pahlawan (TMP) yang berada sekitaran di Jawa Tengah (Jateng), Senin (9/11/20).

Kegiatan ziarah ini merupakan rangkaian dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (Hut) ke-75 Korps Marinir yang jatuh pada 15 Nopember Tahun 2020, yang salah satunya berziarah ke makam para prajurit-prajurit KKO AL (Marinir) yang gugur dalam pertempuran Agresi Militer II Belanda di daerah Jateng dan sekitarnya dalam rangka memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta perjuangan cikal bakal terbentuknya Korps Marinir di Tegal.

Jateng menjadi basis perjuangan dari pasukan Coprs Mariniers (CM) dan Corps Armada (CA) IV di Tegal, yang ketika itu bernama Resimen Samodra. Didesa dan makam ini pula, menjadi saksi keberanian para pendahulu prajurit Marinir yang bertempur melawan pasukan Belanda. 

Ketika Agresi Militer Belanda II berlangsung, pasukan Resimen Samodra dipimpin oleh Mayor R. Soehadi dengan wakil Kapten Ali Sadikin mendapat perintah dari MBKD melalui Divisi III untuk meninggalkan Temanggung dan Parakan merebut wilayah yang disebut dengan “Sub Wehrkreise Slamet-V (SWKS V) yang meliputi Pemalang - Pekalongan hingga Batang.

Saat itu pasukan segera melakukan ‘wingate action’, dengan gerakan perembesan menuju daerah yang menjadi tanggungjawabnya. Pergerakan pasukan ini melewati pegunungan mulai Sindoro, Prau, Rogo Jembangan hingga Gunung Slamet. 

Januari 1949, seluruh pasukan telah sampai di daerah Watukumpul, Pemalang Selatan di kaki Gunung Slamet. Disinilah terjadi pertempuran sengit antara para pejuang dengan tentara Belanda yang selanjutnya terkenal dengan sebutan Pertempuran Watukumpul.

Pertempuran demi pertempuran pun meletus dengan sengitnya dan berlangsung dari pagi hingga petang hari. Korban berjatuhan banyak dari kedua belah pihak, diantaranya  57 Personel Prajurit Gugur, dimakamkan di TMP Tegal, 16 Personel Prajurit Gugur di makamkan TMP Pekalongan, 1 Personel Prajurit Gugur dimakamkan TMP Brebes, 43 personel prajurit Gugur dimakamkan TMP Pemalang, 37 Personel Prajurit Gugur di makamkan TMP Batang, 2 Personel Prajurit Gugur dimakamkan di TMP Cilacap, 2 Personel Prajurit Gugur dimakamkan di TMP Cirebon, dan 10 Personel Prajurit Gugur dimakamkan di TMP Temanggung.

Untuk mengenang jasa para Pahlawan tersebut, Korps Marinir dalam rangkaian ulang tahunnya ke 75 Tahun 2020, mengadakan Ziarah Rombongan di berbagai tempat. Kali ini diadakan bertepatan di kota kelahiran Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han). Orang Nomor Satu Di Korps Baret Ungu tersebut lahir di Kota Batang, Jateng 15 April 1966 silam.

Selain di tempat kelahiran Dankormar, ada 4 titik tempat Ziarah  yang dikunjungi, yaitu :
1.TMP Pura Kusuma Negara, di Jalan Melati Kelurahan Kejambon, Kota Tegal dengan Inspektur Upacara (Irup) Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han). Beserta, Ketua PG Jalesanastri Kormar Ny. Etta Suhartono, Walikota Tegal, Dandim Tegal,  Danlanal Tegal, Kapolres Tegal, dan Dansat Radar Tegal.

2.TMP Jayana Sureng Yudha, Kabupaten Pemalang dengan Irup Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr. (Han). S.E., M.M. Wakil Ketua PG Jalasenastri Kormar Ny. Ayu Nur Alamsyah, Bupati Pemalang, Dandim Pemalang,  Kapolres Pemalang.

3.TMP Bhakti Wiratama, di Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan, dengan Irup Brigjen TNI (Mar) Lasmono. Ketua Cabang 1 PG Jalasenastri Kormar Ny. Lasmono Bupati Pekalongan, Dandim Pekalongan, Kapolres Pekalongan.

4.TMP Kadilangu di Kecamatan Batang Kabupaten Batang dengan Irup Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han), Ketua PG Jalesanastri Kormar Ny. Etta Suhartono besrta Pejabat Utama Korps Marinir. (ARMAN R)

Berita Terkait