Kamis, 28 Januari 2021 | 12:22:22 WIB

Komandan Korps Marinir : Loyalitas Tegak Lurus

Sabtu, 14 November 2020 | 10:56 WIB
Komandan Korps Marinir : Loyalitas Tegak Lurus

(FOTO : DISPENKORMAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Tamtama, Bintara, dan Perwira semua sama adalah Prajurit. Sebagai Perwira jadilah contoh bukan sekedar contoh, mainkan peranmu bukan hanya dengan duduk tapi berperan bak seorang panglima perang turun langsung di medan laga, dengan memberi contoh motivasi, dan memberi semangat itulah jati diri Perwira Korps Marinir.

Hal demikian disampaikan Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) pada acara Pengarahan Mantan Siswa Dikreg Seskoal Angkatan ke 58 TA 2020, di Mako Korps Marinir, Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun N0. 40, Jakarta Pusat, Jumat (13/11/20).

Kepada segenap Lulusan Mantan Siswa Dikreg Seskoal Angkatan ke 58 TA 2020, khusus dari jajaran Perwira Korps Marinir, Dankormar mengatakan, bahwa loyalitas tegak lurus mulai satuan terbawah hingga satuan paling atas, harus betul ditanamkan ke jiwa masing masing prajurit supaya terbentuk pribadi yang mempunyai mental untuk mampu menjaga kedaulatan NKRI tercinta ini.

Dankormar menjelaskan, Korps Marinir setelah turunnya Surat Peraturan Presiden (Per Pres) No. 66 Tahun 2019 bahwa Korps Marinir dari Kotama Pembinaan menjadi Komando Utama Operasi (Kotama Ops) menjadikan Korps Marinir benar benar dipercayai oleh pucuk pimpinan dan yang lebih penting lagi bahwa Korps Marinir menjadi bagian dari rakyat, yang dicintai dan di banggakan. 

"Dari semua ini, kita semua tentunya berharap pada terkhusus para Mantan Siswa Dikreg Seskoal Angkatan ke 58 TA 2020 dengan ilmu yang didapat baik dari ilmu strategi, kepemimpinan atau leadhersip, bisa menjadikan Perwira dengan loyalitas tinggi, berkemampuan Intelektual dan mampu mengayomi para anggotanya," ujar Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Pada era Modernisasi ini lanjutnya, prajurit Korps Marinir juga ditutuntut untuk cerdas dalam mengambil segala kebijakan, keputusan, seperti dalam kemajuan teknologi, kebebasan dalam bermedia sosial, dan kebebasan mengutarakan pendapat. Untuk itu Prajurit Korps Marinir beserta keluarganya harus berhati hati supaya tidak terjebak dalam dunia bermedia sosial yang mengajak ke unsur Sara, politik, adu domba, dan ujaran kebencian, sudah banyak kejadian dan itu merupakan contoh untuk tidak ditiru. 

"Sekali lagi saya utarakan bahwa Korps Marinir sudah besar, Korps Marinir ada di setiap palagan dan Korps Marinir ada hati rakyat. Maka dari itu, di manapun berada Jaga nama baik Korps Marinir dan juga keluarga sebagai Prajurit Korps Marinir," tegas Dankormar dalam pengarahan.

Untuk diketahui Siswa Dikreg Seskoal Angkatan ke 58 TA 2020 telah dilantik oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., pada 12 November 2020 hari Kamis di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Cipulir Jakarta Selatan. 

Hadir dalam acara ini, Wakil Komandan (Wadan) Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr (Han), Inspektur Kormar (Ir kormar) Brigjen TNI (Mar) Lasmono, segenap Asisten dan Kadis Dankormar dan para Mantan Siswa Dikreg Seskoal Angkatan ke 58 TA 2020 jajaran Perwira Korps Marinir. (ARMAN R)

Berita Terkait