Sabtu, 28 November 2020 | 23:40:06 WIB

Jelang Debat Kandidat Paslon Bupati Halbar, Suasana Kondisi Halbar Aman Terkendali

Senin, 16 November 2020 | 22:56 WIB
Jelang Debat Kandidat Paslon Bupati Halbar, Suasana Kondisi Halbar Aman Terkendali

Susana kampanye salah satu kandidat Halbar. (Foto: Aldy/Lindo)

HALBAR, LINDO - Menjelang debat kandidat pasangan calon kandidat bupati dan wakil bupati Halmahera Barat (Halbar) yang akan digelar oleh Komisi pemilihan Umum (KPU) kabupaten Halbar dikantor bupati Halbar didesa Porniti, kecamatan Jailolo, kabupaten Halbar, Selasa (17/11/2020), sekitar pukul 14.00 Wit.

Dalam pantau media ini, suasana kondisi kota Jailolo dan sekitarnya, hingga Senin (16/11/2020) malam, terpantau dalam kondisi aman terkendali. Selain kondisi aman, wilayah itu dari siang hari sempat diguyur hujan lebat, namun pada malam hari cuaca disekitar Jailolo sangat cerah.

Tidak ada pegerakan apapun dari unsur masyarakat, baik itu dari unsur kelompok atau aksi massa, hanya saja pada sore hingga malam hari jadwal kampanye para kandidat paslon bupati dan wakil bupati Halbar diberbagai tempat di wilayah kota Jailolo terus digelar.

Seluruh aktifitas para kandidat paslon hingga malam hari, ada yang malakukan agenda kapanye, ada juga yang rapat tertutup untuk mempersiapkan agenda esok hari yaitu debat kandidat.

Semantara itu, lokasi acara debat kandidat yang dipusatkan diruang Aula Bidadari kantor bupati Halbar saat ini sudah masuk dalam tahap finising.

Sedangkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat, sebelumnya menjadwalkan pelaksanaan debat kandidat putaran kedua di Jailolo, Selasa (17/11/2020). Lokasi debat telah dipusatkan di ruang Aula Bidadari kantor Bupati Halbar.

Debat kali ini merupakan sesi kedua yang hanya menghadirkan empat calon Bupati. Setiap sesi debat kandidat sendiri bakal memakan waktu sekitar 160 menit.

Komisioner Divisi SDM, Sosialisasi dan Parmas KPU Halbar Ramlah Hasyim menyatakan, lokasi debat kandidat putaran kedua tersebut ditetapkan melalui keputusan bersama.

"Iya, kita laksanakan di Jailolo, dan dipusatkan kantor bupati. Sampai saat ini tidak ada perubahan," kata Ramlah saat dikonfirmasi.

Ramlah bilang, debat putaran kedua besok akan dipandu langsung oleh Akademisi dari Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU),
Dr. Herman Oesman, Msi selaku moderator. Sedangkan tema debat yang di angkat besok ialah, "Menyerasikan Pembangunan Daerah Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi dan Nasional Dalam Menyelesaikan Persoalan Daerah".

"Dalam debat tersebut juga mengikuti protokol kesehatan dan tetap diperketat selama dalam proses tahapan debat berlangsung, dan itu KPU sudah sosialisasikan kepada setiap pasangan calon berdasarkan PKPU Nomor 13 Tahun 2020 yang secara tegas mengatur protokol kesehatan pencegahan COVID-19 pada Pilkada," ucapnya.

Sebelumnya, debat kandidat putaran pertama digelar di Hotel Sahid Bela Ternate, Kelurahan Jati, Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara, pada Rabu (28/10/2020) malam, dengan mengangkat tema "Peningkatan dan Pelayanan Kesejahteraan kepada Masyarakat Demi Memajukan Kabupaten Halmahera Barat". Debat tersebut dipandu oleh Dr. Siti Barora Sinay, selaku moderator. 

ALDY M

Berita Terkait