Kamis, 28 Januari 2021 | 11:22:13 WIB

Trisya Bahagia Dengan Kekompakan Dan Semangat Anggota CEO Indonesia Chapter Jatim

Senin, 23 November 2020 | 15:47 WIB
Trisya Bahagia Dengan Kekompakan Dan Semangat Anggota CEO Indonesia Chapter Jatim

(FOTO : CEOINDONESIA/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Yayasan Global CEO Indonesia chapter Jawa Timur (Jatim) menggelar gathering pertama secara terbatas, pada Sabtu di Hotel  (21/11/20). Yayasan Global CEO Indonesia merupakan kumpulan lebih dari 1.000 CEO atau pemilik perusahaan maupun direktur, yang ingin bersatu memajukan Indonesia melalui berbagai program termasuk kegiatan sosial.

Ketua CEO Indonesia Chapter Jatim, Ferry A Sangeroki mengatakan, untuk program di Jatim salah satunya adalah melakukan pembinaan terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang dinilai menjadi kunci pertumbuhan dan pemulihan ekonomi

"Selama Februari sampai sekarang, ekonomi kita sudah turun banyak sampai ada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Kami melihat sudah waktunya berbuat sesuatu untuk Indonesia melalui penguatan UMKM," kata Ferry yang juga merupakan owner dari Hotel Royal Tulip Jalan Bintoro, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Menurutnya, pembinaan UMKM ini mulai dari pembagian pengetahuan (sharing knowledge) agar UMKM tidak hanya menciptakan usaha lalu trial error dengan memberikan pengalaman jatuh bangun yang sudah dirasakan para CEO.

"Selain knowledge, kami harus buka sumber dana, karena mereka kadang mau menghadap perbankan tidak bisa, jadi kami coba jembatani karena banyak proyek kami yang sudah terbiasa bicara dengan perbankan," ungkap Ferry.

Selain itu juga, edukasi para UMKM dalam membuat proposal dan feasible study, termasuk bagaimana caranya ekspor atau mengoptimalkan lahan menganggur.

Salah satu langkah awal untuk memulai program UMKM ini kata Ferry, adalah CEO Indonesia bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim untuk membantu pendidikan dan pelatihan baik secara online dan offline.

"Dan dalam gathering ini, kami lakukan tandatangan kerjasama dengan Kadin Institut yang ada di Kadin Jatim ini," terang Ferry.

Ketua Umum (Ketum) Yayasan Global CEO Indonesia, Trisya Suherman SE, Dipl. Cidesco SPA yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan, sangat bahagia melihat kekompakan dan semangat para anggota CEO Indonesia, untuk selalu berbuat sesuatu untuk Indonesia lebih baik. Dan yang kali ini, pertama kali CEO Indonesia melakukan Gathering dengan aksi donor darah.

“Kami berharap anggota CEO Indonesia, khususnya CEO Indonesia Chapter Jatim tetap solid, gotong royong dan bisa mencapai dream untuk membantu UMKM dalam segala hal. Selain itu, mereka untuk mencari anggota baru dan mempererat hubungan anggota yang sudah ada dengan kekeluargaaan,” harap Icha sapaan akrab Trisya Suherman.

CEO Indonesia tambahnya, juga mendukung pemerintah, dengan tidak berpolitik, tapi ingin mewujudkan mimpi bersama. "Kami percaya dengan kekuatan togetherness can change the world," ujar Icha. 

Menurutnya, banyak cara yang bisa digali. Icha mencontohkan, seperti di Bali. Dimana warga lokal yang punya lahan, yang saat ini hanya sekedar disewakan jangka lama, bisa dimanfaatkan lebih dengan mengelolanya sendiri.

Icha menambahkan, Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak sangat mendukung CEO Indonesia, khusus Chapter Jatim dan akan lebih intens komunikasi untuk pembangunan di Jatim.

“Karena Pak Emil menyadari para CEO ini yang mengerakkan roda perekonomian dan harus didukung. Beliau juga bersedia menjadi Dewan Kehormatan CEO Indonesia Chapter Jatim, yang secara Simbolis memakai topi CEO Indonesia dan disematkan pin CEO,” ungkap Icha.

Prof. Dr. Rhenald Kasali selaku Pembina CEO Indonesia mengatakan, para CEO harus bisa cepat adaptasi dan koordinasi dalam dunia yang cepat sekali berubah.  “Perlu koraborasi dan gotong royong,” ujarnya. (ARMAN R)

 

Berita Terkait