Selasa, 26 Januari 2021 | 05:47:42 WIB

Kodim 0504/JS Dan SMPN 12 Jakarta Lakukan Kerjasama Pembinaan Wawasan Kebangsaan

Jum'at, 27 November 2020 | 09:21 WIB
Kodim 0504/JS Dan SMPN 12 Jakarta Lakukan Kerjasama Pembinaan Wawasan Kebangsaan

(FOTO : KODIM0504/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Untuk menumbuhkan kesadaran Bela Negara sejak dini perlu dilakukan Pembinaan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) pada lingkungan sekolah. Menyikapi hal ini Kodim 0504/Jakarta Selatan (JS) dengan pihak SMPN 12 Jakarta, melaksanakan kerjasama dibidang pembinaan Wasbang.

Penandatanganan kesepakatan dilakukan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0504/JS Kolonel Inf Ucu Yustiana dengan Kepala Sekolah SMPN 12 Jakarta Dra. Hj. Faridah, M. Pd, di Makodim 0504/JS, Jalan Cendrawasih Kebayoran Lama,  Jakarta Selatan  (Jaksel), Kamis Sore (26/11/20) . 

Kesepakatan ini bertujuan untuk melakukan pembinaan Wasbang guna menanamkan Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme pada para pelajar, sehingga terwujudnya kedisiplinan dan ketertiban serta neningkatkan kesadaran Bela Negara para pelajar SMPN 12 Jakarta.

Pada kesempatan itu, Dandim 0504/JS mengatakan, dengan Pembinaan Wasbang pada lingkungan sekolah, kita tumbuhkan kesadaran Bela Negara sejak dini.

"Peran Kodim 0504/JS mengisi kegiatan Wasbang kepada pelajar SMPN 12 Jakarta. Dengan Pembinaan Wasbang sejak dini, kita bentuk karakter generasi muda yang berjiwa Nasionalisme dan Patriotisme, sehingga membangkitkan rasa cinta tanah air," terang Kolonel Inf Ucu Yustiana.

Dengan begitu menurutnya, akan menumbuhkan kesadaran bela negara pada generasi muda.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 12 Jakarta Dra. Hj. Faridah, M. Pd menambahkan, dengan pembinaan Wasbang ini diharapkan dapat membentengi generasi muda dari pengaruh negatif.

"Sasaran dari program Pembinaan Wawasan Kebangsaan adalah seluruh pelajar SMPN 12 Jakarta. Kami harapkan dengan pembinaan ini para pelajar lebih memahami dan mampu mengaplikasikan sikap dan semangat wawasan kebangsaan, bela negara dan kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari," harap Hj. Faridah.

Kesepakatan kerjasama pembinaan Wasbang ini berlaku selama 1 (satu) tahun sejak kesepakatan ditandatangani dan kedua belah pihak sepakat untuk melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan kerjasama, kapanpun kedua pihak menghendakinya. (ARMAN R) 

Berita Terkait