Selasa, 22 Juni 2021 | 07:35:57 WIB

Sambut Hutnya Ke-74, Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Laksanakan Baksos Donor Darah

Rabu, 16 Desember 2020 | 11:48 WIB
Sambut Hutnya Ke-74, Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Laksanakan Baksos Donor Darah

(FOTO : YHT/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (Hut) Yayasan Hang Tuah (YHT) Ke-74 tahun 2021 yang akan jatuh pada 14 Januari 2021 mendatang, Satuan-satuan Pendidikan atau Satdik di lingkungan YHT Cabang Surabaya, melaksanakan  Bakti Sosial (Baksos) donor darah dengan melibatkan guru, karyawan dan siswa-siswi tingkat SMA-SMK se Surabaya-Sidoarjo. Kegiatan Donor Darah dilakukan di SMA Hang Tuah 1 Surabaya, Jawa Timur, Selasa (15/12/20).

Pelaksanaan donor darah Hut YHT dibuka oleh Ketua Pengurus YHT Cabang Surabaya Drs SD Seputra, S.K.M., M.M secara virtual dan termonitor oleh seluruh perserta donor dari aula SMA Hang Tuah 1 Surabaya dinama sebelumnya ketua Panitia donor darah Drs.  Agung Ambar M.M telah melaporkan kesiapan pelaksanaannya kepada orang nomor wakhid di YHT Cabang Surbaya.

Ketua Pengurus (Kapeng) YHT Cabang Surabaya menyampaikan, tujuan dilaksanakan donor darah dalam rangka menyambut Hut YHT ke-74 adalah untuk membangun kesadaran, kepedulian dan sukarela  menyumbangkan darahnya untuk membantu sesama manusia, khususnya yang memerlukan.

Menurutnya, donor darah ini memiliki mamfaat sangat banyak, antara lain  dapat menurunkan terkena serangan penyakit jantung dan pembuluh darah,  menurunkan resiko terkena penyakit kanker, membantu menurunkan berat badan, mendeteksi penyakit serius dan membuat lebih sehat secara psikologis.

"Dalam menyongsong Hut YHT Ke-74 ini, juga akan digelar lomba guru berprestasi, membuat video Vlog  Berkarakter Kemaritiman, Lomba Teknologi Tepat Guna, Hang Tuah National English Competition, Guru Inspiratif dan seminar Kemaritiman," papar Seputra.

Ketua Panitia donor darah Hut YHT ke -74 Drs Agung Ambar S, M.M menambahkan, dalam kondisi pandemi covid-19 memang sangat mempengaruhi terhadap jumlah peserta donor, apalagi siswa di kalangan SMK/SMA masih belum aktif sekolah tatap muka sehingga menjadi salah satu kendala.

"Kegiatan donor darah ini melibatkan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Surabaya yang dipimpin dr. Dewi dengan melibatkan 10 personil tenaga medis. Donor darah siswa, guru dan karyawan Satdik YHT Cabang Surabaya, akan menjadi agenda tahunan yang selalu dilaksanakan  dalam rangkaian Hut YHT yang jatuh setiap  bulan Januari," ujar Agung. (ARMAN R)

Berita Terkait