Minggu, 17 Januari 2021 | 12:40:18 WIB

Danlantamal X Jayapura Puji Peran Kowal Sebagai Srikandi Laut

Kamis, 7 Januari 2021 | 07:53 WIB
Danlantamal X Jayapura Puji Peran Kowal Sebagai Srikandi Laut

(FOTO : DISPENLANTAMALX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Peringatan Hari Ulang Tahun (Hut) Ke-58 Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) di Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura, kali ini dirayakan secara sederhana tanpa adanya kegiatan seremonial seperti upacara pada umumnya, bahkan diseluruh jajaran Angkatan Laut di seluruh Indonesia. 

Kegiatan upacara peringatan Hut Kowal tahun 2021 ini, yang setiap tahunnya jatuh pada 5 Januari, hanya diselenggarakan di Mabes TNI Angkatan Laut dengan Inspektur Upacara (Irup) Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Namun bagi seorang komandan, di hari yang spesial bagi seluruh prajurit Srikandi Laut Indonesia, di hari yang bersejarah ini, selalu menjadi perhatian khusus. Seperti yang dilakukan oleh Komandan Lantamal (Danlantamal) X Jayapura Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., kepada para prajurit Kowal Lantamal X.

Disela-sela kesibukannya, Dalantamal X secara khusus mengundang para Kowal Lantamal X untuk berbincang-bincang di ruang kerjanya, Rabu (6/1/21).

“Kowal hebat, selamat Hut ke-58 Kowal. Loh kok pada serius, wajahnya pada tegang, santai saja, ini kan masih suasana hari ulang tahun, ceria to..,” ucap Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho membuka ketegangan di ruangan yang cukup luas itu, disambut dengan senyum para Kowal dan seketika suasana menjadi cair.

Seolah mengingatkan pada masanya, saat masih menjadi perwira baru Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), Danlantamal X menceritakan kepada prajurit wanitanya, bahwa jaman dahulu Kowal mempunyai image yang sangat “keras”.  

“Saya berharap Kowal sekarang jangan galak-galak, tidak seperti Kowal jaman dulu, tapi galak mereka galak yang mendidik,” ungkap Danlantamal memuji, disambut dengan senyum para Kowal.

Dalam perbincangan itu, Laksma Yeheskiel tak henti-hentinya memuji semangat, disiplin, ketangguhan dan keuletan serta kesabaran yang ditunjukan para Kowal dalam mengemban tugas sebagai tentara sekaligus menjadi seorang ibu.

Menurutnya, dalam menjalankan tugas sehari-hari sebagai seorang tentara, tidak ada perbedaan antara prajurit pria maupun wanita, termasuk kesempatan dalam mengembangkan karier maupun pendidikan di institusi TNI. 

”Kowal ini perempuan, Kowal ini militer, militer ini belum tentu Kowal karena ada militer pria. Tidak ada perbedaan jender antara pria dan wanita, karena tugas ibu-ibu Kowal ini luar biasa, di kantor tentara, di rumah menjadi seorang ibu bagi anak-anaknya," ucapnya memuji.

Pada kesempatan itu, Danlantamal X mengingatkan agar Kowal selalu ingat akan jati dirinya sebagai prajurit TNI. Menjadi tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional. Serta dalam keseharian tidak meninggalkan sifat kelembutan dan keibuan sebagai wanita maupun sebagai senior atau atasan.

”Karena medan anda di Angkatan Laut tunjukkan jati diri sebagai Srikandi Laut. Kita tidak boleh galak, tapi kita bagaimana mengarahkan adik-adik kita ke arah yang lebih baik,” pesannya.

Semantara itu Mayor Laut (S/W) Frederika Asnat Nussi, selaku perwira tertua mewakili enam prajurit Kowal Lantamal X yang hadir, mengucapkan rasa terimakasihnya atas perhatian Danlantamal X dalam membimbing dan membina Kowal, khususnya di hari yang istimewa bagi Kowal.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Aslog Danlantamal X, Aspers Danlantamal X dan Kadiskum Lantamal X Jayapura. (ARMAN R)

Berita Terkait