Minggu, 28 Februari 2021 | 10:28:46 WIB

Asintel Danlantamal X Jayapura Hadiri Syukuran Pembuatan Film "Si Tikam Polisi Noken"

Senin, 25 Januari 2021 | 09:47 WIB
Asintel Danlantamal X Jayapura Hadiri Syukuran Pembuatan Film

(FOTO : DISPENLANTAMALX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Asintel Danlantamal X Jayapura Kolonel Mar Marthin Luther Ginting, M. Tr., Hanla., menghadiri  syukuran pembuatan film layar lebar Si Tikam Polisi Noken, di Los Pasar Baru Entrop, Kelurahan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Papua, Sabtu (23/1/21).

Film garapan Polda Papua ini mengangkat cerita dari kisah nyata dari seorang pemuda putra asli Papua. Dengan berlatar belakang adat dan budaya masyarakat Papua, film dengan genre laga ini mengisahkan tentang pengalaman Si Tikam yang lahir dari suatu suku dan dengan segala keterbatasan dan kekurangan. 

Seperti yang diceritakan oleh Karo SDM Polda Papua Kombes Pol Ade Djadja Subagdja, S.I.K., puncak alur cerita dimulai dari terjadinya konflik antar suku, dimana di suatu wilayah di Papua ada salah satu suku yang radikal yang ingin menguasai salah satu Kabupaten dan Si Tikam berada di dalam suku yang radikal itu.  

Berlatang belakang sebagai seorang anak jalanan, kemudian Si Tikam bertemu oleh salah satu anggota TNI. Singkat cerita Si Tikam diambil menjadi anak angkat oleh si prajurit tersebut. Dengan sabar anggota TNI itu mendidik Si Tikam, mengajarinya tentang etika dan disiplin serta kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dengan berjalannya waktu Si Tikam akhirnya memilih hidup mengabdikan diri menjadi seorang Polisi melalui jalur Polisi Noken.

Sementara itu dalam sambutan Kapolda Papua yang dibacakan oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., bahwa film layar lebar produksi Polda Papua ini bertujuan untuk mempromosikan budaya Papua, khususnya yang ada di pegunungan, yang dikelilingi oleh hutan dan lembah-lembah serta adat istiadatnya yang begitu unik dan mengangkat anak-anak dan generasi muda Papua untuk maju dan menggali potensi yang ada pada diri sendiri dengan menjadi abdi negara.

“Pembuatan film layar lebar ini, peran Si Tikam sebagai pemeran utama diperankan Polisi Siswa Bintara Noken Polri yang sekarang ini melaksanakan pembelajaran jarak jauh, dimana Si Tikam diasuh oleh seorang prajurit TNI AD yang diperankan oleh anggota Polda Papua atas nama AKP Jadik sebagai Serma Yono sebagai bapak angkat Si Tikam," jelasnya.  (ARMAN R) 

Berita Terkait