Rabu, 03 Maret 2021 | 00:58:47 WIB

Masyarakat Kampung Sawanawa Tidak Minta Merdeka, Tapi Otsus Harus Lanjut

Senin, 25 Januari 2021 | 13:38 WIB
Masyarakat Kampung Sawanawa Tidak Minta Merdeka, Tapi Otsus Harus Lanjut

(FOTO : ISTIMEWA/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Otonomi Khusus (Otsus) adalah kewenangan khusus yang diakui dan diberikan kepada Provinsi Papua untuk mangatur dan mengurus kepentingan masyarakat serta menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi dan hak-hak dasar masyarakat Papua.

Manfaat yang diberikan oleh pemerintah melalui Otsus kepada masyarakat Papua, antara lain perbaikan pendidikan, kesehatan, serta pertumbuhan pembangunan untuk kemajuan masyarakat Papua.

Sejalan dengan hal itu, hampir semua tokoh di Papua yang mendukung jika Otsus tetap dilanjutkan, karena manfaatnya sudah sangat dirasakan oleh masyarakat mulai dari yang di kota hingga ke pelosok kampung. Seperti yang dirasakan masyarakat Kampung Sawanawa, Distrik Arso, Kabupaten Keerom.

Melalui Kepala Suku Sawanawa, Donatus Wake yang mengklaim masyarakat di kampungnya telah merasakan manfaat dari adanya Otsus.

"Masyarakat Kampung Sawanawa sangat merasakan manfaat Otsus jadi kami minta tetap lanjut," ungkap Donatus Wake. Kami sadar Papua itu luas jadi untuk pemerataan pembangunan pastinya Pemerintah juga punya kesulitannya sendiri, tetapi dibangunnya jalan di Kampung Sawanawa ini sudah merupakan wujud dari berjalannya Otsus," ungkap Donatus Wake, Jumat (22/1/21).

Donatus menegaskan, masyarakat di kampungnyya tidak butuh Merdeka, melainkan Otsus yang harus lanjut

"Kami tidakk butuh merdeka, yang kami butuhkan itu Otsus untuk kesejahteraan masyarakat Papua," ujarnya.

Donatus mengaku, banyak masyarakat Papua yang mengkambinghitamkan Otsus dan menganggap itu sebagai belenggu masyarakat Papua, padahal kenyataannya dengan adanya Otsus Papua kini semakin maju dan terus berkembang. (ARMAN R)

Berita Terkait