Kamis, 24 Juni 2021 | 03:43:47 WIB

Yayasan Hang Tuah Sasar Guru Paud Inspiratif

Selasa, 26 Januari 2021 | 12:55 WIB
Yayasan Hang Tuah Sasar Guru Paud Inspiratif

(FOTO : YHT/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Dalam rangka menyemarakan Hari Ulang Tahun (Hut) Yayasan Hang Tuah (YHT) yang ke-74, Yayasan Hang Tuah menggelar Lomba  Apresiasi Guru Paud Inspiratif,  yang digelar secara Nasional dan terpusat di SMP Hang Tuah 6 excellent Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (25/1/21).

Untuk kali pertama Yayasan Hang Tuah (YHT) menjadi pelopor dalam  menyasar kemampuan para guru Paud untuk mencurahkan ide, inovasi maupun gagasan dalam rangka mencerdaskan anak bangsa meskipun dalam suasana pandemi covid-19 yang berkepanjangan dan belum tahu kapan akan berakhir.

Ketua Umum (Ketum) YHT Laksda (Purn) Amri Husaini secara singkat menjelaskan, YHT sengaja mewadahi ide dan kreatif para pendidik, khususnya di tingkat Guru Paud. 

Melalui tema :  “Merdeka Belajar, Wujudkan  Generasi Berkarkter Jiwa Bahari di Masa Pandemi Covid-19”,  panita mengharapkan kepada seluruh peserta untuk   memberikan ruang kreatifitas dan inovasi Pendidik Anak Usia Dini (Paud) dalam pelaksanaan pembelajaran yang memupuk jiwa bahari pada anak usia dini, menambah masukan, contoh, dan ide model pembelajaran anak usia dini dalam mengembangkan karakter kebaharian, memberikan apresiasi guru yang memiliki kreatifitas dan inovasi pembelajaran dalam memupuk karakter kebaharian.

Lomba apresiasi Guru Paud Inspiratif (AGI) YHT secara Nasional di Gelar dengan metode online/ daring  diikuti oleh Guru Paud dari kota Surabaya, Batuporon Madura,  Sidoarjo, Pasuruan, Malang, Sampang, Bojonegoro, Nganjuk, Kudus, Blora, Tuban, Semarang, Yogyakarta, Bekasi, Jakarta, Bandung, Bengkulu, Tarakan, Banjarmasin, Kalteng, Kupang , Sorong, Kepulauan Riau, Bali,  Palembang, Belawan, Medan dan Makasar.

Seluruh peserta tergolong dalam 3 bagian, antara lain dari Intern YHT  Cabang Surabaya 18 peserta, Cabang Perwakilan dari Luar Surabaya 12 peserta serta dari Umum (peserta dari luar YHT ) sebanyak 31 peserta.

Ketua Panitia Lomba Apresiasi Guru Paud Inspiratif (AGI)  Sriyantini, S.Pd  yang kesehariannya selaku  Kepala Sekolah (Kasadik TK 5), memberikan apresiasi kepada 10 peserta yang lolos dalam babak final.

Mereka akan beradu ide dan gagasan bagaimana menjadi seorang guru Paud yang dapat menggairahkan peserta didik selama pembelajaran di sekolah ataupun selama pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19. 

Ke-10 finalis akan memaparkan ide dan gagasan di depan juri serta membuka ruang tanya jawab  kepada tim juri. Dengan demikian  juri akan dapat menentukan  pemenangnya di akhir lomba.

Tim juri yang terdiri dari : Sri Mery Susanti, M.Pd (Guru TK Hang Tuah 1 Surabaya,  Anies Lisyowati, M.Pd (Dosen PAUD UNIPA , Djarwoko , M.Pd dari Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan.

Mereka bertiga pada akhirnya memutuskan bahwa pemenang/juara pertama jatuh kepada Khusnul Laili dari TK Hang Tuah 10 Sidoarjo, Juara kedua Lina Diah Budiarti dari TK Hang Tuah 13 Batuporon  Madura dan juara ketiga jatuh kepada Sri Handayani dari TK Muslimat NU 18 Kota Malang, Jawa Timur. Ketiga pemenang  mendapatkan tropy, sertifikat serta dana pembinaan dari YHT.  (ARMAN R)

Berita Terkait