Senin, 08 Maret 2021 | 02:32:10 WIB

Pemberdayaan Potensi Maritim Wujudkan Indonesia Hebat

Selasa, 26 Januari 2021 | 21:43 WIB
Pemberdayaan Potensi Maritim Wujudkan Indonesia Hebat

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Menumbuhkembangkan budaya maritim di kalangan generasi muda sebagai landasan dalam pemberdayaan potensi maritim, guna  mewujudkan kesejahteraan masyarakat untuk menuju Indonesia Hebat.

Demikan hasil kesimpulan Dialog Kemaritiman yang digelar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dalam rangka memaknai Hari Dharma Samudera yang jatuh pada 15 Januari, di KRI Dewaruci yang bersandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (26/1/21). Dialog Kemaritiman ini diikuti para tokoh publik Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia. 

Dialog kemaritiman yang mengangkat tema “Maritim Jaya Indonesia Hebat,” ini, menghadirkan pembicara, antara lain anggota DPR RI 2019-2024 Junico Siahaan, S.E., yang menyampaikan materi menumbuhkembangkan budaya maritim di kalangan pemuda menuju Indonesia hebat. 

Sedangkan anggota DPRD Provinsi Jakarta Gembong Warsono, S.IP., M.M., dengan materi pemberdayaan masyarakat maritim di wilayah DKI Jakarta untuk meningkatkan kesejahteraan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika, dengan materi program pembentukan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di wilayah pesisir dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir. Dialog kemaritiman ini menghadirkan moderator Lala Nabila.

Kegiatan dialog kemaritiman tersebut digelar untuk menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan wilayah pertahanan laut dengan membangun budaya maritim, menjaga dan mengelola sumber daya pariwisata, pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim. 

“Diharapkan terjalin pemahaman dan persepsi yang sama tentang arah pembangunan yang berorientasi kemaritiman untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir maupun pulau-pulau terluar dengan berpedoman pada kebijakan yang sudah dirancang khususnya sektor pariwisata,” harap Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika. (ARMAN R)

Berita Terkait