Minggu, 11 April 2021 | 19:25:45 WIB

Hari Peduli Sampah Nasional, GMKI Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan dari Sampah

Sabtu, 27 Februari 2021 | 07:11 WIB
Hari Peduli Sampah Nasional, GMKI Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan dari Sampah

GMKI bersama instansi pemerintah, TNI dan Polri Halbar untuk bergotong royong membersihkan tumpukan sampah dikota Jailolo, Halbar. (Foto: Aldy/Lindo)

HALBAR, LINDO - Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari, untuk mengenang tragedi banjir, longsor dan musibah lainnya yang mengakibatkan bencana alam. Hal itu juga disebabkan karena minimnya  kepedulian sampah yang berserakan.

"Setiap pada tanggal 21 Februari adalah momentum peringatan Hari Peduli Sampah Nasional. Kita tahu bersama bahwa situasi saat ini, sejak awal tahun 2021 Indonesia dalam darurat sampah yang mengakibatkan kumuh dan banjir dimana-mana termasuk banjir bandang yang melanda di beberapa kota, termasuk di daerah ini," kata Ketua Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Jailolo, Foxset Nyong dalam pesan rilisnya yang diterima media ini, di Halbar pada Sabtu (27/02/2021) pagi.

GMKI mengajak untuk bekerjasama dengan beberapa instansi/lembaga yang didalamnya ada Dinas Lingkungan Hidup Halbar, Yonif 732 Banau Halbar/TNI-AD, Polres Halbar, Satpol PP Halbar, SMA Dian Halbar, SMK Bakti Persada Jailolo, untuk melakukan gerakan aksi sosial, aksi moral untuk membersihkan lingkungan di seputar kota Jailolo.

"Hal ini juga tidak terlepas bagaimana menyadarkan warga masyarakat bahwa pentingnya menjaga lingkungan disekitar kita," ujarnya.

Selain itu, GMKI Jailolo juga  mengharapkan pada masyarakat Halbar untuk tetap berkomitmen untuk membangun kesadaran agar tidak lagi membuang sampah sembarangan tempat.

"Sebagai bentuk menyelamatkan lingkungan Indonesia pada umumnya dan terlebih khusus pada warga Halmahera Barat, agar kita bersama-sama mencintai daerah ini, dengan cara selalu membersihkan lingkungan disekitar kita agar bebas dari bencana alam," tandasnya.

Dalam aksi itu, GMKI cabang Jailolo juga mengharapkan agar ada peraturan daerah (Perda) yang mengatur tentang larangan membuang sampah sembarangan tempat
harus terus dikampanyekan ke masyarakat agar mereka tetap menjaga lingkungannya masing-masing.

Dalam rilisnya GMKI mengungkapkan bahwa, Kadis Lingkungan Hidup kabupaten Halbar sangat merespon soal penanganan sampah yang ada di kabupaten ini.

"Waktunya Kita diajak dan benahi Halbar. Kadis DLH berjanji akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendatangkan alat penanganan sampah yang lebih canggih lagi. Misalkan, mesin pemotongan rumput yang lebih canggih, mobil tinja serta alat-alat pendukung penanganan sampah lainnya," bebernya.

Pada kesempatan itu, BPC GMKI Jailolo masa bakti 2019-2021, melalui Ketua Cabang Foxset Nyong mengucapkan selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati yang telah dilantik. Semoga bapak berdua selalu menjalankan amanah rakyat dengan sebaik-baiknya. 

"Kami siap mendukung seluruh program pemerintah daerah yang pro terhadap kepentingan masyarakat Halmahera Barat. GMKI siap sebagai agen of control dan terus mengawal seluruh kebijakan pemerintah daerah dengan harapan, Halmahera Barat kedepan menjadi lebih baik dibawah kepemimpinan James Uang, dan Jufri Muhamad," ungkapnya.

AD/ICHAL

Berita Terkait