Jumat, 16 April 2021 | 23:44:56 WIB

Bersama Warga Babinsa Desa Gamtala Bangun Rumah Adat

Minggu, 28 Februari 2021 | 15:31 WIB
Bersama Warga Babinsa Desa Gamtala Bangun Rumah Adat

Babinsa Desa Gamtala Serma Subahrah besama warga bangun rumah adat Halbar (Sasadu). Foto/Dok Pendim 1501/Ternate, Minggu (28/02/2021)

LINDO HALBAR - Bertempat di Desa Gamtala, Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Babinsa Desa Gamtala Koramil 1501-03/Jailolo Serma Subahrah bersama warga masyarakat membangun rumah adat Halbar Minggu (28/02/2021).


Rumah adat yang dinamakan Sasadu itu di bangun dengan cara gotong-royong yang bentuknya persegi 4 kerangka rumahnya terbuat dari kayu dan ditutup dengan daun atap luas bangunan kurang lebih 12 meter persegi dimana bentuk rumah tersebut merupakan ciri khas rumah adat masyarakat Halbar yang secara turun temurun tetap terpelihara bentuknya.


Menurut Serma Subahrah bahwa "keberadaan rumah adat ini menjadi bukti nyata bahwa adanya komitmen kuat dari masyarakat untuk mempertahankan dan menunjukkan jati dirinya sebagai masyarakat yang beradab, karena keberadaan rumah adat adalah merupakan simbol peradaban dan simbol kehidupan masyarakat dari massa ke massa.


"Keberadaan rumah adat ini juga sebagai simbol persatuan dan kesatuan yang mengikat masyarakat adat di wilayah ini untuk selalu hidup rukun dan saling tolong menolong dalam semangat gotong royong.


“Ini adalah wujud kepedulian kami selaku Babinsa yang selalu siap membantu masyarakat dalam setiap kegiatan agar sinergitas TNI-Rakyat selalu terjaga”, ungkap Serma Subahrah.


Kepala Desa Galmtala Bapak Nurdin mengatakan berterimakasih terhadap pihak TNI lebih khusus kepada bapak Babisa Gamtala yang telah meluangkan waktu besama dengan warga kami ikut membangun rumah adat kami.


" Saya atas nama pribadi dan masyarakat Desa Gamtala mengucapkan terimakasih kepada Bapak Babinsa Subahra yang telah meluangkan waktu ikut bersama warga membangun rumah adat kami ini, terimakasih Babinsa, semoga amal baik bapak diterimah Allah SWT. (Faizal)

Berita Terkait