Jumat, 23 April 2021 | 05:29:23 WIB

Lewat BIPARTIT, PUK SPKEP SPSI Janji Selesaikan Masalah PHK Sepihak Di PT.IWIP

Kamis, 4 Maret 2021 | 21:04 WIB
Lewat BIPARTIT, PUK SPKEP SPSI Janji Selesaikan Masalah PHK Sepihak Di PT.IWIP

Foto bersama Pengurus PUK SPKEP SPSI PT.IWIP dan PD FSP KEPSPSI Malut

LINDO HALTENG - Soal Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Sepihak. Pimpinan Unit kerja Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan (PUK SPKEP SPSI) PT. IWIP kemudian Pimpinan Cabang FSP KEPSPSI Halmahera tengah (Halteng)  dan Pimpinan Daerah FSP SPSI Propinsi Maluku Utara (Malut) Mereka Berjanji Akan menuntaskan masala PHK yang dilakukan Oleh Menejmen PT. Indonesian Weda Bay Industrial Park (IWIP).

Kepada liputanindonesianews.com Kamis (04/03/2021) Sekertaris PUK SPKEP SPSI PT. IWIP. Januar Surahman  Menuturkan, Terkait dengan Pemberitaan beberapa hari kemarin yang berkaitan dengan Serikat Pekerja SPSI persoalan Sengketa Perselisihan Hubungan Industrial yang di alamni oleh beberapa Angota serikat pekerja yang di PHK sepihak Oleh Manajemen ini. Kata dia, Kami Segenap Pengurus PUK SPKEP SPSI bergandengan tangan dengan Pimpinan Cabang FPS SPKEP SPSI Halmahera Tengah bersama Pimpinan Daerah FSP SPSI Propinsi Maluku Utara akan segera menuntuntaskan Buruh yang di PHK Sepihak Oleh Manajemen. 

"Sebab dalam ketentuan Regulasi Ketenagkerjaan Kami menilai bahwa Manajemen telah melanggar Norma Ketenagakerjaan dan dengan sengaja membiarkan Masalah PHK ini berlangsung," Tegasnya.

Lebih lanjut kata Januar, padahal sebelumnya Skema Penetapan Permanen sudah gugur setelah ditandatangani PB. Tanggal 6 Oktober tahun 2020 Lalu.

Sementara Ketua PUK SPKEP SPSI PT. IWIP Aksan Adam Juga menambahkan, masalah Hubungan Industril PHK yang ada ini sangat berpengaruh pada kelangsungan Investasi bagi Kawasan Industri PT. IWIP.

"Sebab kita tau bersama bahwa PHK Sepihak yang di Alami oleh Anggota SPSI ini, Manajemen sama sekali tidak punya Itikat baik untuk mengangkat Buruh dari PKWT ke PKWTT," Kesalnya.

Dia juga bilang, Masalah PHK yang terjadi di PT. IWIP  atas dasar suka dan tidak suka karena Nilai Assesmen terkadang Foreman Indonesia Setuju, dan kadang Foreman Tenaga Kerja Asing Tidak Setuju jadi terkesan PHK Buruh ada intervensi dari TKA. 

"Olehnya itu Manajemen dalam hal ini HR. Industrial Relation PT. IWIP juga tidak punya Itikat baik duduk bersama dengan PUK SPKEP SPSI PT. IWIP untuk menyelesaian masalah PHK sepihak, Manajemen Seharusnya HR. Industrial Relation mengerti Soal Ketentuan Undang - Undang Ketenagakerjaan,"Jelasnya.

Dia juga Sangat kesal dengan Manajemen karena sengaja membiarkan masalah PHK ini terus berlangsung. "Dalam waktu dekat kami akan meminta Manajemen untuk Berunding Bipartit Antara Serikat Pekerja dengan Manajemen terkait dengan Penyelesaian Sengketa Perselisihan Hubungan Industrial," Kecamnya. (Asdar)

Berita Terkait