Jumat, 23 April 2021 | 06:56:00 WIB

Taat Akan Pajak, Danlantamal X Jayapura Ajak Prajuritnya Segera Laporkan SPT Tahunan

Jum'at, 5 Maret 2021 | 08:15 WIB
Taat Akan Pajak, Danlantamal X Jayapura Ajak Prajuritnya Segera Laporkan SPT Tahunan

(FOTO : DISPENLANTAMALX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., M.H, mengajak kepada seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lantamal X yang memiliki NPWP, agar segera menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan dan Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi tahun 2020 yang akan berakhir 31 Maret 2021.

Seruan itu disampaikannya di depan seluruh prajurit dan PNS Lantamal X saat mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) pengisian SPT tahunan dan pajak penghasilan orang pribadi secara e-filing oleh Kantor Pelayanan Ajak Pratama Jayapura, di Aula Samudera Loka Mako Lantamal X Jayapura, Papua, Kamis (4/3/21).

Dalam sambutannya, Komandan Lantamal (Danlantamal) X Jayapura mengharapkan, kegiatan ini dapat memberikan pemahaman bagi seluruh personel Lantamal X Jayapura, sebagai wujud kepatuhan pelaporan SPT tahunan orang pribadi khususnya personel dan PNS Lantamal X, serta dapat menjadi icon perubahan dalam pemenuhan kewajiban perpajakan.

"Pajak mempunyai peran yang sangat penting dan bersifat strategis dalam kehidupan bernegara, khususnya di dalam pelaksanaan pembangunan karena pajak merupakan sumber pendapatan negara untuk membiayai semua pengeluaran termasuk pengeluaran pembangunan," terang Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho.

Ia menambahkan, bagi mereka yang belum, sebagai warga negara yang patuh dan taat, agar segera mendaftarkan dirinya sesegera mungkin sebagai wajib pajak, untuk mendukung bangsa dan negara melalui pajak. Ia yakin melalui pelaporan SPT ini sebagai WNI yang baik sudah ikut serta menopang kuat bangsa ini.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Jayapura Nugroho Apriyanto, S.E., M.Si., dalam sambutannya mengatakan, pajak menjadi tulang punggung pendapatan negara, 70% APBN dihasilkan dari pajak.

"Pajak juga untuk membeli kapal-kapal perang yang semuanya berasal dari  pajak yang kita bayar bersama, semoga kedepannya semakin jaya dan sebagai garda terdepan dalam menjaga NKRI," ujar Danlantamal.

Dipenghujung kegiatan, Danlantamal X dan Kepala KPP Pratama Jayapura saling tukar menukar cenderamata berupa plakat dan diakhiri dengan foto bersama. (ARMAN R)

Berita Terkait