Jumat, 23 April 2021 | 06:16:20 WIB

DANLANTAMAL VIII BERI PEMBEKALAN BABINPOTMAR

Sabtu, 6 Maret 2021 | 08:49 WIB
DANLANTAMAL VIII BERI PEMBEKALAN BABINPOTMAR

Manado 6 Maret 2021,..... Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CfrA memberikan pembekalan kepada para Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) Lantamal VIII di Ruang Serbaguna Markas Komando Lantamal VIII Jalan Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru Paal Dua, Manado, pada hari Jumat 5 Maret 2021.

 

Sesuai dengan Undang Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, salah satu tugas TNI AL adalah melaksanakan pemberdayaan Wilayah Laut (Dahwilhanla), kegiatan tersebut dilaksanakan melalui pengembangan dan pembinaan potensi maritim. Upaya tercapainya pembinaan kemampuan dan kekuatan tugas Dahwilhanla tersebut memerlukan pengaturan pembinaan potensi maritim sebagai salah satu metode dan cara pembinaan kekuatan TNI AL.  Oleh karena itu diperlukan penataan personel berupa pembentukan Babinpotmar berdasarkan fungsi dan tugas pengawak organisasi potensi maritim guna mempertajam pelaksanaan tugas pembinaan potensi maritim melalui metode komunikasi sosial, pembinaan ketahanan wilayah dan bakti TNI AL yang diharapkan dapat bersinergi dengan aparat maritim lainnya

 

Pada acara pembekalan tersebut, Danlantamal menyampaikan beberapa arahan diantaranya bahwa keberadaan Babinpotmar merupakan etalase institusi prajurit TNI AL di tengah masyarakat, tampilan secara fisik harus mencerminkan figur prajurit TNI AL yang profesional, baik melalu cara berpakaian, berkomunikasi dan bergaul dengan masyarakat agar menyesuaikan dengan situasi dan kondisi.

 

Para Babinpotmar diharapkan mampu menjadi ujung tombak dalam melaksanakan fungsi pembinaan potensi maritim dan mampu memberikan pengetahuan dalam mengedukasi masyarakat pesisir tentang pertahanan laut, baik perorangan maupun kelompok melalui komunikasi sosial untuk membangun kemanunggalan TNI AL bersama masyarakat maritim.

 

Keberadaan Babinpotmar diharapkan bisa bersinergi dengan semua staf instansi terkait yang merupakan steak holder dalam pembinaan dan pengembangan potensi maritim, melakukan pembinaan sumber daya manusia dan pengembangan sumber daya alam serta bertanggung jawab terhadap pembinaan potensi maritim yang dapat dijadikan sebagai potensi nasional guna mendukung pengendalian wilayah pertahanan laut dalam rangka pembangunan negara dan keutuhan wilayah Indonesia.

 

Danlantamal juga turut mengingatkan sehubungan dengan masih adanya pandemi covid-19 agar para Babinpotmar dalam melaksanakan tugas tetap mengutamakan protokol kesehatan, turut berperan aktif dalam mengingatkan masyarakat dalam hal protokol kesehatan dan menjadi contoh yang baik dihadapan masyarakat.

 

Hadir pada kegiatan tersebut Asops Danlantamal VIII, Aspotmar Danlantamal VIII, Aspers Danlantamal VIII dan Para Babinpotmar di jajaran Lantamal VIII.

Berita Terkait