Jumat, 23 April 2021 | 06:58:54 WIB

Lanud Leo Wattimena Morotai Melaksanakan Seleksi Penerimaan Didik Baru SMA Pradita Dirgantara Solo

Sabtu, 6 Maret 2021 | 13:55 WIB
Lanud Leo Wattimena Morotai Melaksanakan Seleksi Penerimaan Didik Baru SMA Pradita Dirgantara Solo

LINDO TERNATE - Lanud Leo Wattimena Morotai melaksanakan seleksi penerimaan didik baru SMA Pradita Dirgantara Solo, bertempat di SMP Negeri I Kota Ternate, Kelurahan Gamalama, Kota Ternate Tengah, Provinsi Maluku Utara. Sabtu (06/03/2021). 

"Kita dari pangkalan udara Lanud Leo Wattimena morotai sedang melaksanakan seleksi SMA Pradita Dirgantara di solo," ucap Kadispers Lanud Leo Wattimena Morotai, Adm Letkol Fahril Bahnan saat di konfirmasi awak media usai seleksi Psikolog. 

Kata Kadispers Lanud, SMA Pradita Dirgantara merupakan sekolah tingkat SMA yang di siapkan untuk menjadi generasi-generasi berkualitas,  sementara SMA Pradita Dirgantara terdapat di bawah yayasan Yasarini dari TNI Angkatan Udara, dengan pencetus utama mendiang Habibie serta panglima TNI. 

Menurutnya, sekolah SMA ini boarding School/sekolah yang sudah miliki asrama, di katakan, ketika mereka lulus nanti sudah di tanggung oleh sekolah. 

"Memang tahapan seleksinya sangat ketat, sementara pentahapan seleksi itu sebagai berikut, pertama, Tahapan secara administrasi. Mulai dari kemarin kita sudah sosialisasi SMP se-kota ternate dan kita mendapatkan 71 siswa, sementara dari masing-masing sekolah kita ambil hanya pada ranking 1 sampai rangking 10 jurusan IPA," sebutnya. 

Kemudian lanjut Kadispers Lanud, dari 71 itu melaksanakan seleksi administrasi, dan mendapatkan verifikasi 4 siswa, karena memang persyaratannya sangat ketat, kata Dia, pertama IQ nya harus mencapai nilai 115, dan yang kedua dari kelas I sampai kelas 3 SMP minimal nilai dari matematika dan bahasa inggris rata-rata 90.

"Persyaratan ini yang kita mendapatkan hanya 4 siswa, yakni Hasan Albar : SMPN 1 ternate, Nugraha : SMP Nurul Hasanah Ternate, Arini : SMPN 3 Ternate, Angelica : SMP Islam Terpadu Kota Ternate, dari yang ke empat ini masuk dalam verifikasi tes administrasi," sebut Kadispers Lanud.  

Di katakan Fahril, setelah tes administrasi, di lanjutkan mulai kemarin sudah lalui tes akademik, kemudian tes kesehatan, dan tinggal pada dua tahap, yakni saat ini tes Psikolog, dan terakhir pada besok di laksanakan tes Mental Ideologi (MI) dari intelejen Leo Wattimena. 

Di katakan, dari empat pentahapan ini akan di olah oleh tim pusat, karena sistemnya online, dan akan di targetkan pada minggu kedua dapat di umumkan hasilnya dari tingkat daerah, seraya Fahril mengatakan, apabila terseleksi lulus, maka akan di bawah ke solo dan melaksanakan seleksi tingkat pusat seluruh indonesia. 

"Harapan kami, target kami, minimal dari empat orang ini bisa lulus semua dengan di lihat persyaratan nilai mereka, atau minimal dari perwakilan maluku utara itu ada," harapnya. 

Fahril bilang, kenapa kita melaksanakan tes di kota ternate.?, karena di dua periode kemarin di SMP morotai tidak ada yang masuk dalam verifikasi administrasi, karena di lihat dari standar nilai yang tidak mencukupi, sehingga kebijakan yang kami ambil langsung ke provinsi. 

"Alhamdulillah kami kumpulkan dari 71 siswa SMP se-kota ternate, kami mendapatkan 4 orang yang terivikasi administrasi," tandas Dia. 

Di ketahui kata Fahril, sekolah pradita dirgantara ini kerja samanya luar biasa, mereka kerja sama dengan semua universitas negeri di indonesia, hingga universitas di luar negeri, dan terutama special di taruna dan taruni akademi TNI-Angkatan Udara.

(EMPY)

Berita Terkait