Minggu, 11 April 2021 | 18:53:00 WIB

Jadi Irup Upacara Kenkat Personel Lantamal X Jayapura, Danlantamal : Jaga Sikap Dan Perilaku

Jum'at, 2 April 2021 | 18:28 WIB
Jadi Irup Upacara Kenkat Personel Lantamal X Jayapura, Danlantamal : Jaga Sikap Dan Perilaku

(FOTO : DISPENLANTAMALX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - "Jaga sikap dan perilaku serta mampu memberikan suri tauladan dan kedewasaan berpikir, bersikap serta berperilaku dalam kehidupan sehari-hari," pesan Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada upacara Kenaikan Pangkat (Kenkat) personel Lantamal X periode 1 April 2021, Kamis (1/4/21)

Pesan ini pun diucapakannya sebanyak dua kali sebagai bentuk penegasan dan penekanan kepada 42 personel yang naik pangkat dan seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lantamal X Jayapura saat mengikuti upacara tersebut.

Menurutnya, dengan kenaikan pangkat maka tuntutan serta tanggung jawab akan menjadi semakin berat. "Oleh karena itu seorang personel TNI Angkatan Laut dituntut untuk selalu meningkatkan kemampuan sesuai bidang profesinya," ujar Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho.

Ia menilai, kenaikan pangkat di lingkungan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), merupakan penghargaan dan kehormatan atas prestasi, dedikasi serta loyalitas yang telah ditunjukan oleh prajurit dalam melaksanakan tugas pengabdiannya kepada bangsa dan negara.

"Ini merupakan bagian dari sistem pembinaan personel yang dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan, yang didasarkan pada penilaian obyektif terhadap persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan," katanya.

Pada periode 1 April 2021 ini sebanyak 42 personel yang terdiri dari personel Lantamal X dan Yonmarhanlan X berhak menyandang pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya.

Kenaikan pangkat Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS di lingkungan Lantamal X ini digelar dalam sebuah upacara laporan kenaikan pangkat di Lapangan Apel Mako Lantamal X dengan Irup Danlantamal X Jayapura. 

Lima personel menjadi perwakilan pemasangan secara simbolis tanda pangkat baru yang disematkan oleh Komandan Lantamal X, terdiri dari pangkat Mayor menjadi Letkol, Kapten menjadi Mayor, Serda ke pangkat Sertu dan Kelasi Dua naik satu tingkat menjadi Kelasi Satu serta PNS Penda TK. 1 III B menjadi Penata III C.

Bertindak sebagai Komandan Upacara Dandenma Lantamal X Letkol Mar Oktofiansyah Rahman dan dihadiri Wadanlantamal X Kolonel Mar Amir Kasman, S.E., M.M., para Asisten Danlantamal X, para Kadis/Kasatker Lantamal X, Dansatrol Lantamal X Letkol Laut (P) Khalimul Khakim, Danpomal Lantamal X, Letkol Laut (PM) Wahyu Widiastono, SP., Danyonmarhanlan X Mayor Mar Agung Prasetyo, M.Tr., Opsla. (ARMAN R)

Berita Terkait