Minggu, 11 April 2021 | 20:43:48 WIB

Bentuk Personel Potmar Yang Tangguh, Lantamal X Jayapura Adakan Penataran Babinpotmar

Rabu, 7 April 2021 | 22:40 WIB
Bentuk Personel Potmar Yang Tangguh, Lantamal X Jayapura Adakan Penataran Babinpotmar

(FOTO : DISPENLANTAMALX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Untuk memberikan bekal serta kemampuan prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) yang profesional dan kreatif dibidang pembinaan Potensi Maritim (Potmar), Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura, menggelar Penataran Kemampuan Potensi Maritim (Tarpuanpotmar) bagi personel Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar), Selasa (6/4/21).

Dengan tema "Melalui Tarpuanpotmar Tersebar TA. 2021, Kita Tingkatkan Pembinaan Wilayah Potmar TNI Angkatan Laut Guna Menyiapkan RAK Juang Yang Tangguh", kegiatan Tarpuanpotmar ini diikuti oleh 30 prajurit TNI AL jajaran Lantamal X dan dibuka oleh Komandan Lantamal (Danlantamal) X Jayapura Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., di aula Samudera Loka Mako Lantamal X Jayapura, Papua.

Danlantamal X pada saat membuka kegiatan mengatakan, kegiatan Tarpuanpotmar ini merujuk pada Undang-Undang (UU) Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, salah satu tugas TNI AL sebagaimana tercantum pada pasal 9 huruf (e).

Yaitu melaksanakan pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) yang diimplementasikan melalui pembinaan potensi maritim (Binpotmar), yang dilaksanakan baik secara perorangan, kelompok maupun satuan dalam rangka mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh dan diaplikasikan melalui Komsos maritim dan bakti TNI AL sehingga terbangun kemanunggalan TNI dengan rakyat.

"Keberhasilan pembinaan potensi maritim sangat ditentukan oleh kemampua aparat Potmar, untuk itu kita laksanakan Tarpuanpotmar kepada prajurit Lantamal X dan jajarannya, sehingga diperoleh personel pembina Potmar yang tangguh dan kreatif," terang Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho.

Danlantamal X juga berpesan agar dalam tugasnya, Babinpotmar tetap berkoordinasi dengan pemerintah daerah, Korem, Kodim, Koramil, Polres dan Polsek serta bersinergi dengan Babinsa, Babinkamtibmas, Babinpotdirga, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Sementara itu dalam laporan Aspotmar Danlantamal X Kolonel Laut (KH) Joko Imam Pambudi selaku ketua panitia mengatakan, kegiatan ini diikuti 30 personel dari Mako Lantamal X, Lanal Biak, Lanal Sarmi, Posal Serui, Posal Mapia, Posal Nabire, Posal Skouw Sae, Pos Pengamat Danau Sentani, Santrol Lantamal X dan Yonmarhanlan X.

Dilaksanakan di dua tempat yaitu di Aula Samudera Loka Mako Lantamal X selama kegiatan tatap muka dan kegiatan praktek lapangan akan dilaksanakan di Markas Kodim 1701/Jayapura, berlangsung selama 3 hari, dimulai 6 hingga 8 April 2021.

Materi yang diajarkan, antara lain tentang sejarah dan serbuan teritorial TNI dengan instruktur dari Kodam XVII/Cenderawasih, Binkamtibmas dari Polda Papua, Binotdirga dari Lanud Silas Papare, penyalahgunaan dan penanggulangan dari BNN Papua, materi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua tentang data nelayan dan budidaya potensi laut serta materi pembinaan ketahanan wilayah, hukum laut internasional, Dawilhanla dan Komsos TNI dari Lantamal X.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala BNN Provinsi Papua Brigjen Robinson DP Siregar, Wadan Lantamal X Kolonel Mar Amir Kasman, S.E., M.M., Aster Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teddy Arigianto Setimiharja, S.I.P., para Asisten Danlantamal X, Dir. Binmas Polda Papua Kombes Pol Gatot Aris Purbaya, S.I.K., Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Drs. Frengky Wally, M.M., Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua Yimin Weya, S.Pd., M.A.P., Kepala KSOP Kelas 2 Jayapura Taher Laitupa, ST., Dandim 1701/Cendrawasih Letkol Inf Edwin Apria Candra serta para Kadis dan Kasatker Lantamal X. (ARMAN R)

Berita Terkait