Minggu, 16 Mei 2021 | 06:08:00 WIB

PT Zyrexindo Mandiri Buana, Tbk (“Perseroan”) Umumkan Hasil Kinerja Keuangan Perusahaan

Selasa, 27 April 2021 | 15:45 WIB
PT Zyrexindo Mandiri Buana, Tbk (“Perseroan”) Umumkan Hasil Kinerja Keuangan Perusahaan

(FOTO : ZYREX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - PT Zyrexindo Mandiri Buana, Tbk (“Perseroan”), produsen Laptop dan produk-produk TIKserta IOT merek zyrex, mengumumkan hasil kinerja keuangan perusahaan tahun buku yang berakhir 31 Desember 2020 yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Teramihardja, Pradhono & Chandra dengan opini wajar dan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia.

Perseroan berhasil meningkatkan Penjualan sebesar 74% secara year-on-year (“yoy”) dari Rp 126,8 Miliar di tahun 2019 menjadi Rp 223,4 Miliar di tahun 2020. Peningkatan Penjualan turut meningkatkan Laba Bersih tahun berjalan sebesar 341,6% dari Rp8,24 Miliar di tahun 2019 menjadi Rp36,37 Miliar di tahun 2020.

Adapun Laba Bersih Per Saham atau Earning Per Share (“EPS”) di tahun 2020 sebesar Rp 48,87, meningkat dibandingkan tahun 2019 sebesar Rp16,81.

Dengan peningkatan Penjualan, Beban Pokok Pendapatan Perseroan tercatat naik 60% yoy dari Rp98,5 Miliar menjadi Rp157,9 Miliar, sehingga Perseroan berhasil mengantongi Laba Kotor sebesar Rp65,54 Miliar, naik 118% yoy dari Rp30,13 Miliar di tahun berakhir 2019. Pada tahun berakhir 2020, Perseroan memiliki Aset sebesar Rp129,66 Miliar, naik signifikan 54% dari Rp84,19 Miliar di tahun berakhir 2019.

“Meningkatnya kinerja keuangan ini terjadi karena kebiasaan baru Work From Home (WFH) dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia maupun seluruh dunia sejak awal tahun 2020. Maraknya kebiasaan baru WFH dan PJJ tersebut, mengakibatkan pertumbuhan permintaan laptop dan komputer tablet khususnya bagi pada siswa-siswi yang sekolah,” ungkap Direktur Utama PT Zyrexindo Mandiri Buana, Tbk (“Perseroan”), Timothy Siddik, di Jakarta, Senin (26/4/21)

Saat ini lanjutnya, Indonesia memiliki 45 juta siswa-siswi dari SD sampai SMA/SMK, namun jumlah kepemilikan laptop secara individu masih sangat rendah.

Oleh karena itu kata Timothy, Perseroan juga turut mendukung meningkatkan kepemilikan laptop untuk siswa tersebut dengan menawarkan laptop yang terjangkau melalui program #siswaTOP, Satu Siswa Satu Laptop. Sebagai merek lokal, Perseroan juga berada dalam momen yang sangat positif dengan gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia dan benci produk asing yang disuarakan oleh Bapak Presiden Joko Widodo.

Gerakan tersebut juga dituangkan melalui Keputusan Presiden no. 12 tahun 2021. yang menyatakan bahwa Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah, wajib menggunakan produk dalam negeri.

Menurut Timothy, pencapaian kinerja keuangan sepanjang 2020 telah melampaui target dan ekspektasi Perseroan dengan luar biasa dengan pertumbuhan penjualan dan laba bersih yang signifikan.

“Atas pencapaian realisasi kinerja keuangan 2020 tersebut, Perseroan menargetkan pertumbuhan Penjualan dan Laba Bersih sekitar 50% dan 20% di tahun 2021. Perseroan optimis dapat mencapai target tersebut dengan memperkuat jaringan distributor dan meluncurkan produk-produk unggulan yang baru,” ujarnya.

Timothy menambahkan, salah satu produk unggulan yang baru adalah Laptop tipe Google Chromebook yang telah secara resmi diluncurkan pada 12 April 2021 lalu. Zyrex Chromebook M432 dan Zyrex Chromebook 360, telah mendapati nilai penjumlahan TKDN + BPM melebihi 40%, sehingga menjadikan produk wajib di pengadaan barang di kementerian/lembaga/perangkat daerah sesuai Perpres No. 12 Tahun 2021.

“Dengan demikian, Perseroan sangat yakin pertumbuhan pendapatan dapat mencapai 50% di tahun 2021 dibandingkan tahun 2020,” ujarnya.

 

Sekilas PT Zyrexindo Mandiri Buana Tbk

Perseroan didirikan oleh Timothy Siddik, Shu dengan nama PT. Zyrexindo Mandiri Buana berdasarkan Akta Pendirian Perseroan No. 43 tanggal 14 Mei 1996 sebagai pemegang merek “Zyrex” yang merupakan pioneer dalam industri komputer di Indonesia.

Sejak berdirinya, Perseroan senantiasa didukung oleh vendor-vendor kelas dunia seperti Intel dan Microsoft, sehingga Perseroan mampu menghadirkan produk-produk berteknologi tinggi kepada masyarakat Indonesia.

Perseroan telah melewati berbagai macam siklus bisnis, namun Perseroan tetap mampu bertahan bahkan bertumbuh. Kinerja yang konsisten tersebut berasal dari manajemen yang solid dan pengalaman manajemen yang lebih dari 24 tahun di industri teknologi informasi. Saat ini, Perseroan telah berkomitmen untuk menyambut permintaan pasar yang tinggi dengan menambah kapasitas produksi Perseroan dan meresponi berkembangan pasar yang dinamis dengan melakukan pengembangan produk Internet of Things (IoT) yang sejalan dengan visi dan misi Perseroan.

Sebagai produsen Dalam Negeri, PT. Zyrexindo Mandiri Buana menjadi kebanggaan Bangsa

Indonesia dengan beberapa keunggulan, antara lain :

1. Memiliki daya tahan tinggi dengan penyesuaian spesifikasi produk terhadap iklim dan

kondisi pemakaian di Indonesia

2. Kemampuan memproduksi custom - made product sesuai dengan permintaan, kebutuhan,

dan daya beli pelanggan yang didukung oleh ketepatan Time - to - Market dalam merilis

produk.

3. Layanan purna jual yang selalu melayani pelanggan.

4. Mendukung pemerintah melalui program dan kampanye “Bangga Buatan Indonesia”. (ARMAN R)

 

Berita Terkait