Minggu, 16 Mei 2021 | 07:21:18 WIB

Atasi Stok Darah di PMI, Anggota Kodim 1501/Ternate Dan Koramil Lakukan Donor Darah

Senin, 3 Mei 2021 | 06:54 WIB
Atasi Stok Darah di PMI, Anggota Kodim 1501/Ternate Dan Koramil Lakukan Donor Darah

Foto/Dok : Pendim 1501/Ternate.

LINDO TERNATE - Untuk memenuhi kebutuhan darah di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Ternate menggandeng Kodim 1501/ Ternate menggelar bakti sosial donor darah di Markas PMI Jln Stadion Kel.Kampung pisang ( Minggu, 2/5/2021)

Kegiatan donor darah tersebut tidak mengurangi ataupun mengganggu peserta dalam menjalankan ibadah puasa karena dilakukan setelah berbuka puasa. Bahkan pada saat sholat tarawihpun kegiatan pengambilan darah dihentikan sementara untuk memberi kesempatan anggota menjalankan ibadah sholat.

Komandan Kodim 1501/Ternate Kolonel Inf R.Moch Iskandarmanto, S.E  menjelaskan, kegiatan donor darah yang di laksanakan oleh PMI kerjasama dengan Kodim 1501/Ternate adalah sebagai bentuk peduli terhadap kebutuhan stok darah di PMI khususnya selama Ramadhan hingga lebaran 2021.

“Menjalankan ibadah puasa Ramadhan bukan halangan untuk kita melakukan donor darah, hanya saja waktunya dilaksanakan setelah berbuka puasa ataupun bak’da Sholat Tarawih,” terangnya.

Dijelaskan pula bahwa donoh darah yang dilakukan bisa mengurangi risiko tekanan penyakit jantung, menurunkan kadar zat besi dalam darah, dan mengganti sel darah yang baru.

Selaku penanggung jawab Kegiatan Donor darah yg dilaksanakan oleh PMI Kota Ternate Bpk Muhajirin Bailussy  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 1501/Ternate terutama peserta donor yang telah dengan ikhlas mendonorkan darahnya melalui PMI. Disebutkannya, untuk saat ini jumlah pendonor sebanyak 60  orang dan terkumpul sebanyak 51 kantong darah sehingga sangat membantu keseterdiaan darah di PMI.

“Semoga dengan dukungan dari Kodim 1501/Ternate dan para relawan serta warga masyarakat bisa menambah persediaan stok darah di PMI Kota Ternate hingga lebaran nanti persediannya aman,” pungkasnya. (Faisal/Jo)

Berita Terkait