Minggu, 16 Mei 2021 | 07:35:37 WIB

Dandim 0510/Tigaraksa Bersama Forkopimda Ikuti Rakor Virtual Covid-19 Dengan Mendagri

Senin, 3 Mei 2021 | 17:27 WIB
Dandim 0510/Tigaraksa Bersama Forkopimda Ikuti Rakor Virtual Covid-19 Dengan Mendagri

(FOTO : KODIM0510/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Kodim (Dandim) 0510/Tigaraksa (Trs) Letkol Inf Bangun I.E Siregar, S.H, M.I. Pol, mengikuti secara virtual kegiatan dipimpin langsung oleh Mendagri Tito Karnavian yang diikuti  seluruh daerah di Indonesia.

Bertempat Gedung Bupati Ruang Cituis Lt. 5.Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Kelurahan Kaduagung, Kecamatan Tigaraksa, Senin (3/5/21) pelaksanaan Rakor virtual terkait Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan Penanganan Covid-19 di daerah Kabupaten Tangerang, juga dihadiri Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar, B.Bus, Wakapolres Tangerang AKBP Dedi Tabrani SH S.IK, M.Si, Kajari Kabupatan Tangerang Bahrudin dan jajaran OPD Kabupaten Tangerang. 

Dalam arahannya, Mendagri Tito Karnavian mengungkapkan saat ini menjelang idul Fitri seluruh kepala daerah agar lebih mewaspadai kemungkinan adannya lonjakan kasus.

Oleh karena itu, Presiden meminta khusus kepada Mendagri untuk memberikan arahan kepada kepala daerah untuk diberikan arahan agar kepala daerah bisa meningkatkan kewaspadaan.

"Menjelang hari raya, banyak sekali kegiatan masyarakat bukan hanya kegiatan keagamaan saja atau tradisi tradisi menjelang lebaran, itu yang di hawatir kan bisa terjadi Cluster baru seperti mobilitas mudik dan kegiatan keagamaan tanpa Prokes, bahkan juga seperti tradisi berbelanja, buka bersama danainnya itu dikhawatirkan bisa terjadi penularan," ujar Tito.

Menurutnya, Pak Presiden menyampaikan agar para Kepala Daerah jangan sampai kendor harus bisa mengetatkan Protokol kesehatan dan meminta Kepala Daerah menyampaikan satu narasi yaitu benar-benar melarang mudik.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Mendagri dan para menteri bersepakat untuk melakukan pertemuan secara virtual dengan kepala daerah untuk membahas hal-hal tersebut sesuai dengan arahan dan kebijakan dari Presiden.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono, mengatakan, dikhawatirkan kasus ini sudah mulai ada peningkatan karena menjelang Idul Fitri. Biasanya terjadi peningkatan pasca liburan seperti saat ini jelang libur panjang Idul Fitri ini bisa terjadi peningkatan.

"Kami harapkan kepala daerah mewaspadai lonjakan kasus yang dikhawatirkan menjelang bahkan pasca lebaran Idul Fitri selesai." katanya.

Sementara itu Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dalam rapat koordinasi nasional menyampaikan terkait arahan Mendagri dan juga paparan Menkes dan Ketua BNPB untuk ditindak lanjuti  segera di Kabupaten Tangerang.

"Kita harus mewaspadai dan untuk peringatan larangan mudik sudah di mulai dan dalam waktu dekat posko-posko akan mulai lebih aktif dan juga lebih ketat lagi," Katanya.

Sementara itu Dandim 0510/Trs Letkol Inf Bangun IE Siregar mengatakan, jajaran Kodim 0510/Trs bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tangerang, siap untuk melakukan pengamanan dan mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka mengantipasi lonjakan penyebaran Covid -19 khususnya di wilayah Kodim 0510/Trs.  (ARMAN R)

Berita Terkait