Jumat, 18 Juni 2021 | 07:33:37 WIB

Rapat Paripurna Paslon Bupati dan Wabup Terpilih Oleh DPRD Halut

Kamis, 10 Juni 2021 | 22:31 WIB
Rapat Paripurna Paslon Bupati dan Wabup Terpilih Oleh DPRD Halut

Foto dok, Rapat Paripurna DPRD Halut

Lindo Halut - Rapat Paripurna pengumuman hasil penetapan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Halmahera Utara masa jabatan 2021-2024, yang di gelar diruang Paripurna oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara, Kamis (10/6/2021).
        " Dengan senantiasa memohon petunjuk dan bimbingan Tuhan Yang Maha Kuasa, Rapat Paripurna DPRD dengan agenda Pengumuman Hasil Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Halmahera Utara Periode 2021-2024 yang dilaksanakan dihari ini Kamis 10 Juni 2021, dengan ini kami nyatakan dibuka dengan resmi dan terbuka untuk umum," jelasnya.
        " Pidato yang disampaikan oleh Ketua DPRD Yulius Dagilaha menyatakan bahwa Rapat Paripurna ini mengumumkan Pasangan Calon yang telah ditetapkan oleh KPU Halmahera Utara melalui Rapat Pleno Tanggal 8 Juni 202, yang menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara Ir.Frans Manery sebagai Bupati dan Muchlis Tapi Tapi,SAg sebagai Wakil Bupati terpilih berdasarkan Keputusan KPU Kabupaten Halamhera Utara Nomor 29/PL.02.7-Kpt/8203/KPU-Kab/VI/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pasca Putusan Mahkama Konstitusi Nomor 143/PHP.BUP-XIX/2021 Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Utara Tahun 2020," ucapnya. 
          " Berkaitan dengan hal tersebut lanjut Ketua DPRD, berdasarkan ketentuan pasal 160 Undang Indang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Undang Undang Nomor 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah pengganti Undang Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Penetapan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang Undang bahwa pengasahan pengangkatan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, serta pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota terpilih dilakukan berdasarkan penetapan pasangan calon terpilih oleh KPU Kabupaten/Kota yang disampaikan oleh DPRD Kabupaten/Kota kepada Menteri melalui Gubernur, " jelas Ketua DPRD Yulius Dagilaha. 
         " Selanjutnya kata Ketua Ketua DPRD, dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 273/487/SJ tentang Penegasan dan Penjelasan terkait Pemilihan Kepada Daerah Serentak Tahun 2020, mengamanatkan DPRD Kabupaten / Kota mengumumkan dalam sidang paripurna hasil penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati serta pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota terpilih oleh KPU Kabupaten/ Kota sebelumnya disampaikan ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur. 
         " Penjelasnya, bahwa Pengumuman dimaksud merupakan salah satu syarat administrasi untuk usulan engesahan pengangkatan pasangan calon terpilih sebagaimana Surat Edaran Menteri Dalam Negeri dimaksud oleh karena itu atas dasar : 
1). Salinan Putusan Mahkama Konstitusi Nomor 143/PHP.BUP-XIX/2021, tanggal 3 Juni 202. 
       2). Keputusan KPU Halmahera Utara Nomor 26/PL.06.2-Kpt/8203/KPU-Kab/IV/2021 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Peehitungan Perolehan Suara Pasca Putusan Mahkama Konstitusi Nomor 57/PHP.BUP-XIX/2021 dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Utara Tahun 2020. 
         3). Berita acara Nomor : 33/PL.02.7-BA/8203/KPU-Kab/VI/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pasca Putusan Mahkama Konstitusi Nomor 143/PHP.BUP-XIX/2021 Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara Tahun 2020 dan 
         4). Keputusan KPU Halmahera Utara Nomor 29/PL.02.7-Kpt/8203/KPU-Kab/VI/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pasca Putusan Mahkama Konstitusi Nomor 143/PHP.BUP-XIX/2021 Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Utara Tahun 2020. 
           " Maka pada hari ini Kamis tanggal 10 Juni 2021, DPRD Kabupaten Halhamare Utara dala Rapat Paripurna mengumumkan hasil penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara tahun 2020 sebagai berikut : 
1). Bapak Ir.Frans Manery sebagai calon Bupati Halmahera Utara terpilih dan 
2). Bapak Muchlis Tapi Tapi sebagai calon Wakil Bupati Halmahera Utara Terpilih," paparnya.
          " Kemudian DPRD akan menyampaikan usulan pengesahan pengangkatan Bipati dan Wakilm Bupati Terpilih kepada Menteri Dalam Negeri Repunlik Indonesia melalui Gubernur Maluku Utara, untuk diproses selanjutnya sesuai peraturan perundang undangan. Diakhir pidato Ketua DPRD Yulius Dagilah mengucapkan Terima Kasih dan berikan Asprisiasi kepada seluruh paket/ pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati,serta seluruh partai engusung dan pendukung yang telah mengambil bagian dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Halmahera Utara Tahun 2020," tuturnya.
         Dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas pernyataannya, maka Rapat Paripurna dengan agenda Pengumuman penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih periode 2021-2024, kami nyatakan ditutup dengan resmi.  Turut hadir dalam kegiatan Rapat Paripurna tersebut diantaranya, Ok.Bipayi Halut Saifudin Djuba,Wakil Ketua 1 DPRD Halut Willem Manery, Kepala PN Tobelo I Gusti Nhura Putu Ramwijaya, Ketua KPU Halut Muhammad Rizal,SH, Bawaslu Halut Iksan Hamiru, Wakapolres Halut Kompol Alwane Aufat,Pasi Intel Kodim 1508/Tobelo Kapten Inf Indri Kuswanto, Mewakili Kejari Halut Kadek (Kasi Intel Kejari Halut), anggota DPRD Halut serta para OPD Kabupaten Halmaher Utara. (Jef )

Berita Terkait