Jumat, 30 Juli 2021 | 01:57:31 WIB

GPEI Apresiasi Gebrakan Presiden Jokowi Tertibkan Pungutan Di Pelabuhan

Minggu, 13 Juni 2021 | 20:38 WIB
GPEI Apresiasi Gebrakan Presiden Jokowi Tertibkan Pungutan Di Pelabuhan

Ketum DPP GPEI Khairul Mahalli. (FOTO : INSPIRATOR.CO.ID/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI) sangat mengapresiasi gebrakan yang dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi), yaitu Presiden Jokowi menginstruksikan kepada Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), dalam rangka menertibkan pungutan - pungutan yang ada di kawasan Pelabuhan.

"Tentunya dari GPEI mengharapkan tidak hanya di Tanjung Priok saja untuk menertibkan pungutan - pungutan, tapi pelabuhan - pelabuhan lainnya, khususnya pelabuhan untuk kegiatan ekspor. Hal ini sangat membantu pengurangan cost logistik dari ekspor Indonesia untuk bisa menembus pasar dunia dengan cost yang berdaya saing, tanpa ada tambahan - tambahan biaya yang tidak terukur dan tidak jelas," kata Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GPEI Khairul Mahalli dalam press rilisnya yang diterima Lindo, Minggu (13/6/21).

GPEI lanjutnya, juga berharap kepada Presiden Jokowi, untuk mengevaluasi kembali tarif - tarif yang ada di Pelabuhan. Pihaknya minta seperti di Tanjung Priok tarif - tarifnya diduga ada titipan yang tentunya harus diperjelas. Begitu juga dengan pelabuhan - pelabuhan lainnya, baik yang ada di Pelindo 1, 2, 3 dan Pelindo 4. 

"Semoga terobosan ini menjadikan produk Indonesia berdaya saing dan dapat membantu, khususnya produk - produk UMKM yang menuju pangsa pasar ekspor," harap Khairul. (ARMAN R)

Berita Terkait