Jumat, 30 Juli 2021 | 01:34:21 WIB

Pemerintah Kecamatan Jailolo Timur dan Kao Teluk Bahas Problem Tenaga Kerja dan Dana Comdev di PT NHM

Rabu, 16 Juni 2021 | 14:11 WIB
Pemerintah Kecamatan Jailolo Timur dan Kao Teluk Bahas Problem Tenaga Kerja dan Dana Comdev di PT NHM

Pertemuan antara pemerintah kecamatan Jailolo Timur dan kecamatan Kao Teluk di aula kantor Camat Jailolo Timur, kab Halbar, Rabu (16/06/2021). (Foto: Aldy/Lindo)

AKELAMO, LINDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) dan Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara (Halut) melalui Pemerintah Kecamatan Jailolo Timur dan Pemerintah Kecamatan Kao Teluk bersama masyarakat dua desa yaitu kepala desa Akelamo Kao dan kepala desa Akelamo Cinga Cinga bertemu untuk membicarakan soal nasib masyarakat Halbar yang ada dilingkar tambang perusahaan PT. NHM.

Dalam pertemuan kedua wilayah itu mereka ingin membahas problem masyarakat terhadap perusahaan PT Nusa Halmahera Mineral (NHM) soal tenaga kerja masyarakat Halbar dan dana bantuan comoditiv development (Comdev) terhadap masyarakat Akelamo Cinga Cinga yang berada dilingkar tambang PT. NHM.

Dalam sesi dialog selama dua setenga jam itu, baik warga Halut maupun warga Halbar sama-sama mengeluh soal mekanisme tata cara perekrutmen tenaga kerja di PT NHM dan tata cara pembagian dana comdev pada masyarakat lingkar tambang PT. NHM.

Namun dalam pertemuan itu sebagian warga mengusulkan agar forum silaturahmi ini lebih di eratkan lagi dalam tujuan membangun jalin silaturahmi persaudaraan diantara dua wilayah baik itu pemerintah Halut-Halbar, dan masyarakat Halut-Halbar.

Maka dalam kesepakatan itu forum silaturahmi kedua wilayah itu menginginkan agar pertemuan harus dilanjutkan dengan pemilik perusahaan PT. NHM bapak H Robert Nitiyudo guna membicarakan hal-hal tehknis soal lingkar tambang baik itu dana comdev maupun penerimaan tenaga kerja untuk masyarakat Halbar.

Hadir dalam pertemuan silaturahmi kedua wilayah itu antara lain, Camat Kao Teluk Arismen Idris, Camat Jailolo Timur Ridwan Dano Saleh, Kepala Desa Akelamo Kao Talabudin M Djae, Kepala Desa Akelamo Cinga-Cinga Djabid Abdulah, Imam Desa Akelamo, Ketua BPD Akelamo Cinga Cinga Abdan Rifai, anggota BPD Akelamo Kao Nahrawi Hi Sawawi, serta tokoh masyarakat, toko pemuda dari kedua desa itu.

Usai pertemuan kedua pemerintah dan masyarakatnya sama-sama membubuhkan tanda tangan berita acara silahturahmi sekaligus menginginkan, agar dalam waktu dekat mereka segera  menjadwalkan pertemuan lanjutan dengan pemilik perusahaan H Robert di perusahaan NHM di Gosowong, Halut atau di kota Ternate.

Aldy M

Berita Terkait