Rabu, 22 September 2021 | 18:52:48 WIB

Kasal Perintahkan Prajuritnya Totalitas Bantu Pemerintah Cegah Penyebaran Covid-19

Jum'at, 23 Juli 2021 | 07:26 WIB
Kasal Perintahkan Prajuritnya Totalitas Bantu Pemerintah Cegah Penyebaran Covid-19

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Penyebaran Covid 19 sangat masif dengan kecepatan sebarannya luar biasa, sehingga  diperlukan extra ordinary leadership dalam penanganannya. 

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., selaku pimpinan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM), Sarana Prasarana (Sapras) serta Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang mendukung. Kasal memerintahkan Jajaran TNI AL totalitas penuh membantu pemerintah mencegah penyebaran Covid-19. 

Tindakan Kasal diperlihatkan saat di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), mulai dari meninjau pelaksanaan vaksin di Bandara Juanda, pengecekan sarana prasarana isolasi tambahan di RSPAL Ramelan dan Pangkalan Marinir (Lanmar) Surabaya serta fasilitas Kesehatan di KRI dr. Soeharso, Kamis (22/7/21).

Menurut Kasal, kebijakan Pemerintah mempercepat penanggulangan Covid-19 harus dibantu dengan totalitas mengerahkan sumber daya yang dimiliki baik sarana dan prasarana maupun Sumber Daya Manusia (SDM). Prajurit TNI AL yang salah satunya memegang teguh Trisila TNI AL,
 yakni disiplin, hierarki dan kehormatan militer, saat ini loyalitas penuh kepada pemerintah harus ditunjukkan dengan totalitas membantu pemerintah yang utama mencegah penyebaran Covid-19 dengan pelaksanaan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan.

Jajaran TNI AL terus menerus melaksanakan serbuan vaksinasi masyarakat maritim di berbagai wilayah bekerja sama dengan instansi pemerintah lainnya seperti TNI AD, TNI AU  dan Polri serta Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah setempat, terutama bertempat di pusat kegiatan ekonomi seperti, Pelabuhan, Bandara, Tempat pelelangan Ikan (pasar ikan), kampung pesisir dan Kambung Bahari Nusantara (KBN), bahkan di pulau-pulau terpencil.

Gerak cepat pimpinan TNI AL melaksanakan program pemerintah antara lain, di Surabaya meninjau langsung serbuan vaksinasi di Terminal-2 Bandara Juanda yang menargetkan 1.500 warga. Dimana sebelumnya telah berhasil memvaksin 4.500 orang yang mayoritas pekerja di bandara dan juga masyarakat sekitar Bandara Juanda.

Selain itu, seusai menyaksikan pelaksanaan vaksinasi, Kasal mengecek keberadaan RSPAL dr.Ramelan berkaitan meningkatnya masyarakat yang terpapar Covid-19 dan antisipasi yang dilaksanakan Pangkalan Marinir Surabaya guna meninjau kesiapan Sarana-prasarana isolasi pasien Covid-19.

Seperti diketahui, TNI AL  mengantisipasi meningkatnya pasien Covid-19,  jajaran Korps Marinir telah menyiapkan Gedung Karang Pucung di Mako Lanmar Surabaya yang siap digunakan masyarakat umum sebagai tempat isolasi menampung lebih kurang 800 pasien Covid dengan gejala ringan. Sementara untuk pasien dengan indikasi sedang dan berat akan dikirim ke RSAL dr. Ramelan.

Di hari yang sama, Kasal juga meninjau fasilitas kesehatan di KRI dr. Soeharso-990 yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung suplai oksigen gratis bagi kota warga Surabaya yang membutuhkan. (ARMAN R)

Berita Terkait