Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:33:19 WIB

Kejar Target Vaksinasi Nasional, TNI AL Kembali Serbu Vaksinasi Di Cariu

Kamis, 5 Agustus 2021 | 07:05 WIB
Kejar Target Vaksinasi Nasional, TNI AL Kembali Serbu Vaksinasi Di Cariu

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) terus mengejar pencapaian target Vaksinasi Nasional dan untuk kedua kalinya kembali melaksanakan Serbuan Vaksin TNI AL bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Cariu, Bogor, Jawa Barat (Jabar) dengan mengambil lokasi di Stasiun Pemancar Radio TNI AL Cariu, Bogor, Rabu (4/8/21) yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Elektronika Angkatan Laut (Diskomlekal) bersinergi dengan komponen masyarakat dan aparat setempat, diantaranya Bupati Bogor, Muspika Kecamatan Cariu, Muspida, Koramil 2108/Cariu, Polsek Cariu, Puspom TNI AD, Tenaga Kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor.

Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. didampingi Asintel Kasal, Aspotmar Kasal, Askomlek Kasal, Pangkolinlamil, Kadiskesal dan Kadispenal serta Bupati Bogor, meninjau langsung kegiatan Serbuan Vaksin TNI AL yang diprakarsai oleh Kadiskomlekal Laksamana Pertama Joko Edi Supriyanto, S.Sos. ini. 

Menurut Wakasal, kegiatan Serbuan Vaksin dilaksanakan dalam rangka membantu program pemerintah dalam upaya percepatan Vaksinasi secara Nasional sehingga  tercapai herd immunity (kekebalan kelompok) masyarakat Indonesia terhadap Covid-19. Selain menyasar masyarakat maritim yang tinggal di wilayah pesisir, pelabuhan, nelayan dan pulau-pulau terpencil juga menyasar daerah-daerah yang masih minim vaksinasi seperti di wilayah Cariu Bogor ini.

Serbuan Vaksin TNI AL merupakan perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., kepada Jajaran TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk secara totalitas membantu pemerintah dan bersinergi dengan TNI-Polri, Kemenkes serta segenap elemen masyarakat dalam pencegahan dan vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi di wilayah Cariu Bogor kali ini menyasar sebanyak 2.191 peserta dengan alokasi 391 dosis vaksin Sinovac untuk vaksinasi tahap 2 dan 1800 dosis vaksin Astrazeneca untuk vaksinasi tahap pertama. Sebelumnya di lokasi ini pada tanggal 6 Juli 2021 telah dilaksanakan vaksinasi kepada warga Desa Babakan Raden, namun karena banyaknya animo masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi, maka dilaksanakan keduakalinya dengan menambah jumlah dosis vaksin sekaligus pemberian vaksin ke-2 bagi yang telah mendapatkan suntikan vaksin tahap 1.

Sebanyak 69 vaksinator yang terlibat pada vaksinasi merupakan Tenaga kesehatan (Nakes) dari Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Diskesal), Dinas Kesehatan Kolinlamil, Nakes Kecamatan, Puskesmas Cariu dan Puskesmas Karya Mekar. Peserta vaksin dari 10 desa di Kecamatan Cariu yaitu dari Desa Babakan Raden dan KBT Diskomlekal vaksin ke-2, sementara Vaksin 1: Desa Suka Jadi, Desa Tegal Panjang, Desa Mekar Wangi, Desa Karya Mekar, Desa Cibatu Tiga, Desa Bantar Kuning, Desa Kuta Mekar, Desa Cikutamahi, dan Desa Cariu. (ARMAN R)

Berita Terkait