Rabu, 22 September 2021 | 18:33:16 WIB

TNI AL Laksanakan Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim Pulau Tidung Libatkan Denjaka

Sabtu, 7 Agustus 2021 | 06:43 WIB
TNI AL Laksanakan Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim Pulau Tidung Libatkan Denjaka

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Korps Marinir Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) melaksanakan “Serbuan Vaksinasi Maritim” dengan menyasar nelayan-nelayan dan Masyarakat Pulau Tidung, di wilayah Kepulauan Seribu dengan menyiapkan 2.000 vaksin Sinovac. 

Kegiatan yang juga melibatkan Pasukan Khusus Detasemen Jalamangkara (Denjaka) ini, ditinjau langsung Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jumat (6/8/21).

Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono menyampaikan, dipilihnya Pulau Tidung sebagai tempat vaksinasi sesuai program yang dicanangkan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bahwa serbuan vaksinasi yang dilaksanakan TNI AL menargetkan masyarakat maritim diseluruh Indonesia termasuk yang berada disekitar Kepulauan Seribu yang juga merupakan tempat latihan TNI AL.

“Kegiatan vaksinasi TNI AL tentunya menindaklanjuti perintah Bapak Presiden RI bahwa kita harus mempercepat herd immunity atau kekebalan kelompok bagi masyarakat Indonesia. Kalau kita semangat dan masyarakatnya antusias mengikuti program-program pemerintah untuk menuju Indonesia Tangguh, Indonesia Maju pasti dapat tercapai,” ujar Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Senada dengan Wakasal, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr. (Han)., terus-menerus memerintahkan jajaran Korps Baret Ungu untuk melakukan “Serbuan Vaksinasi Covid 19”, baik untuk masyarakat umum maupun masyarakat maritim dengan mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh Korps Marinir TNI AL. Selama melaksanakan kegiatan serbuan vaksinasi maritim sejak 6 Juni 2021 lalu, Korps Marinir tercatat telah memberikan vaksinasi Covid-19 sebanyak 43.884 orang untuk dosis ke 1 dan 7.750 orang untuk dosis ke 2.

Sementara itu, Komandan Detasemen Jalamangkara Kolonel Marinir Kresno Pratowo selaku Ketua Pelaksana kegiatan menyampaikan, Vaksinator  yang terlibat dalam kegiatan ini  berjumlah 30 personel, terdiri dari TNI AL dari Satuan Satkes Kolinlamil, Satkes Lantamal lll, RS Marinir Cilandak dan Batalyon Kesehatan (Yonkes) 1 Marinir. Disamping TNI AL dibantu juga oleh Pemprov DKI Jakarta dan Pemkab Kepulauan Seribu. 

Selain kegiatan vaksinasi, TNI AL juga turut berperan untuk meringankan beban masyarakat dengan membagikan 1.000 paket sembako di wilayah Pulau Tidung dan sekitarnya. 

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Asintel Kasal Laksda TNI Angkasa Dipua, S.E., M.M., Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Kadispenal Laksma TNI Julius Widjojono, Kadiskesal Laksma TNI dr. Agus Guntoro, Bupati Kep. Seribu Junaedi, S.Sos., M.Si., serta pejabat lainnya. (ARMAN R)

Berita Terkait