Rabu, 22 September 2021 | 19:04:47 WIB

Tingkatkan Kemampuan SDM, TNI AL Gelar Bintek Penyusunan Peraturan Perundang-Undangan

Selasa, 14 September 2021 | 08:06 WIB
Tingkatkan Kemampuan SDM, TNI AL Gelar Bintek Penyusunan Peraturan Perundang-Undangan

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Untuk meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang penyusunan peraturan perundang-undangan, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Dinas Hukum Angkatan Laut (Diskum AL), menggelar Pembinaan Teknis (Bintek) Penyusunan Peraturan Perundang-Undangan Tahun Anggaran (TA) 2021 secara virtual, di Diskum AL, Gedung B4 Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (13/9/21).

Bintek Penyusunan Peraturan Perundangan-Undangan merupakan upaya pembinaan satuan terhadap pengembangan kemampuan para Perwira dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI AL yang dilaksanakan secara bertahap, berlanjut dan berkesinambungan dengan pembekalan kemampuan berupa keterampilan dalam penyusunan naskah akademik dan draft peraturan perundang-undangan. 

Kegiatan Bintek ini merupakan aplikasi program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Unggul.

Kegiatan ini merupakan yang keempat kali-nya diselenggarakan Diskum AL bekerja sama dengan Ditjen Peraturan Perundang-Undangan Kemenkumham, diikuti 40 peserta dan akan  dilaksanakan selama 10 hari mulai 13 September sampai dengan 23 September 2021.

Kadiskum AL Laksamana Pertama TNI Leonard Marpaung S.H., M.H., menyampaikan, sebagai negara hukum, segala aspek kehidupan baik dalam bidang kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan termasuk dalam bidang pemerintahan harus berdasarkan hukum yang berlaku sesuai dengan sistem hukum nasional.  

Oleh karena itu, Perwira dan PNS TNI Angkatan Laut dituntut  untuk mempelajari dan memperdalam pengetahuan dibidang peraturan perundang-undangan, sehingga dapat memberikan masukan secara benar dalam penyusunan peraturan perundang-undangan serta dapat menggunakan bekal pengetahuan tersebut seoptimal mungkin untuk mendukung peningkatan kinerja satuan. 

“Dengan mempelajari dan memahami materi undang-undang tersebut, diharapkan peserta akan mampu memahami proses penyusunan peratauran perundang-undangan mulai dari tahap perencanaan, penyusunan, pembahasan, pengesahan sampai dengan perundangan,” harap Laksamana Pertama TNI Leonard Marpaung.

Sementara itu, Dirjen Kemenkumham, Prof.Dr. Hr. Benny Riyanto, S.H., M.Hum., C.N., menyampaikan, Bintek ini merupakan bentuk kerjasama yang telah terjalin dengan baik antara TNI AL dan Kemenkumham khususnya Ditjen PP. Kebutuhan pengetahuan tentang penyusunan per-UU-an dirasakan sangat penting, karena demokrasi pada dasarnya didukung oleh tiga pilar utama yakni hukum, politik, dan ekonomi. Pilar hukum yang akan mengikat semua kebijakan politik dan ekonomi dalam bentuk peraturan maupun keputusan pemerintah, untuk ditaati dan dipedomani. 

Dirjen PP juga mengharapkan Peserta dapat mampu mengimplementasikan kemampuannya, seperti menyusun kedinasan dengan benar. (ARMAN R)

Berita Terkait