Minggu, 17 Oktober 2021 | 08:17:36 WIB

Target Vaksinasi Belum Maksimal, Babinsa Koramil Daruba Dampingi Pemdes Dan Tim Kesehatan Berikan Sosialisasi

Jum'at, 17 September 2021 | 16:53 WIB
Target Vaksinasi Belum Maksimal, Babinsa Koramil Daruba Dampingi Pemdes Dan Tim Kesehatan Berikan Sosialisasi

Foto Dok, Pelaksanaan Sosialisasi Vaksinasi Covid-19

LINDO MOROTAI - Dalam rangka mensukseskan program pemerintah dalam mencegah dan mempercepat penanganan Covid-19, Babinsa Koramil 1508-05/Daruba Serma Darwis Noho mendampingi Pemdes dan tim Puskesmas melaksanakan Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 bertempat di Kantor Desa Mandiri Kec. Morsel Kab. Pulau Morotai, Jumat (17/9/21).

Serma Darwis Noho dalam kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan tersebut sesuai dengan arahan dari Danramil 1508-05/Daruba
yang disampaikan kepada para Babinsa agar melakukan sosialisasi vaksin COVID-19 kepada masyarakat dan memberikan pemahaman serta informasi bahwa vaksin tersebut aman dan halal untuk digunakan oleh masyarakat karena sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI dan aman digunakan karena sudah mendapat lisensi dari BPOM, ujarnya.

Sementara dalam materinya Tim Puskesmas Sabatai Ibu Sunarty Nurdin  mengatakan, Vaksin adalah produk biologi yang berisi antigen yang bila diberikan kepada seseorang akan  menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Tujuan vaksinasi covid-19 yaitu 
1. Membentuk kekebalan kelompok
2. Menurunkan kesakitan dan kematian akibat Covid-19
3. Melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secata menyeluruh
4. Menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi

Secara umum, efek samping yang timbul dapat beragam, pada umumnya ringan dan bersifat sementara dan tidak selalu ada, serta tergantung pada kondisi tubuh. Efek samping ringan seperti demam dan nyeri otot atau ruam ruam pada bekas suntikan adalah hal yang wajar namun tetap perlu di monitor, katanya.

Meminta kepada warga walaupun sudah di vaksin tetap harus berpedoman utama protokol kesehatan, tetap dengan konsep 5 M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas) demi keselamatan bersama, ujarnya.

Danramil 1508-05/Daruba Mayor Inf I Putu Artana Jaya saat di konfirmasi awak media mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya Babinsa, untuk membantu pemerintah khususnya Pemkab Morotai dalam rangka Percepatan Pencapaian Target masyarakat yang di vaksin. Karena melihat pencapaian sasaran vaksin masih dibawah 30 %, maka kami dari Koramil berkolaborasi dengan Dinkes dan Dinsos serta Pemerintah Kecamatan maupun Desa untuk mensosialisasikan program vaksin secara berkelanjutan. Sehingga diharapkan dalam waktu 2 atau 3 bulan mendatang yaitu sampai Desember diharapkan target masyarakat yang divaksin bisa mencapai 80 %, ungkapnya. (Jef)

Berita Terkait