Minggu, 17 Oktober 2021 | 08:21:12 WIB

Danlantamal X Jayapura Kalungkan Mendali Para Juara Atlet Fins Swimming PON XX Papua

Selasa, 12 Oktober 2021 | 21:31 WIB
Danlantamal X Jayapura Kalungkan Mendali Para Juara Atlet Fins Swimming PON XX Papua

(FOTO : DISPENLANTAMALX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Atsmosfir persaingan pelombaan cabang olah raga selam laut PON XX Papua 2021, mempertandingankan nomor fins swimming putra 6.000 meter dan 3.000 meter putri, di perairan Teluk Yos Soedarso, Kota Jayapura, sangat terasa, Selasa (12/10/21).

Dimana pada race pertama yang mempertandingkan kelas fins swimming 3.000 meter putri yang diikuti delapan atlet, terdiri dari kontingen Papua, Jatim, Jabar, Bali, DKI Jakarta, Sulsel, Sulut dan Jateng.

Sejak terompet start dibunyikan oleh Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Feryanto P. Marpaung, persaingan para atlet untuk menjadi yang terbaik dikelasnya sangat ketat.

Pada seribu meter pertama persaingan ketat terjadi antara atlet Jabar, Jatim, Bali dan DKI Jakarta. Keempat atlet tersebut silih berganti memimpin perlombaan, meskipun jarak diantaranya begitu tipis.

Namun memasuki  jarak 1.200 meter atlet dari Papua Anisa Faboila yang di posisi kelima secara menyakinkan mampu memperkecil jarak dan mampu bersaing dengan keempat atlet di depannya.

Selanjutnya, di 1.600 meter terakhir menjelang finish, Atlet Papua Anisa Fabiola, atlet Jatim Nafa Amadea dan atlet Tio Galuh Maharani dari Jabar bersaing silih berganti saling memimpin, meninggalkan atlet dari Bali Ni Luh Made Citra Dewi dan DKI Jakarta Alia Putri Al Ghafari.

Diseribu meter terakhir atlet Papua, Jatim dan Jabar saling mengadu kecepatan untuk menjadi yang terdepan. Dan pada akhirnya dengan catatan waktu 38 menit 36 detik 68 secont Anisa Fabiola dari kontingen Papua mampu menjadi yang terbaik dan berhak menyabet mendali emas.

Menyusul diurutan kedua atlet dari Jatim Nafa Amadea dengan catatan waktu  38 menit 37 detik 70 secont berhak mendapatkan mendali perak dan atlet Jabar Tio Galuh Maharani finish diurutan ketiga dengan mendali perunggu, menorehkan catatan waktu 38 menit 40 detik 71 secont.

Persaingan yang sengit juga dipertontonkan pada nomor fins swimming 6.000 meter putra, dimana tampil sebagai juara dan mendapatkan mendali emas diraih oleh atlet DKI Jakarta Alexader Damanik dengan catatan waktu 1 jam 14 menit 05,59 secont. 

Sedangkan diposisi kedua berhak atas mendali perak diraih oleh atlet Jabar Athalarik Maulidio , dengan catatan waktu 1 jam 14 menit 11,99 secont dan menyusul diurutan ketiga atlet asal Sulawesi Utara atas nama Miki Wowor memperoleh mendali perunggu dengan torehan waktu 1 jam 14 menit 30,73 secont.

Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Feryanto P. Marpaung, mendapatkan kehormatan mengalungkan mendali kepada para sang juara nomor fins swimming 6.000 meter putra. Sedangkan pengalungan medali 3.000 meter putri diserahkan oleh Asisten II Sekda Provinsi Papua Muhammad Musaad. (ARMAN R)

Berita Terkait