Minggu, 17 Oktober 2021 | 07:28:46 WIB

Pancasila Dalam Serbuan Vaksin Maritim TNI AL Di Viraha Dan Gereja Surabaya

Rabu, 13 Oktober 2021 | 05:13 WIB
Pancasila Dalam Serbuan Vaksin Maritim TNI AL Di Viraha Dan Gereja Surabaya

FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melaksanakan Serbuan Vaksinasi masyarakat maritim, kali ini memilih lokasi tempat ibadah Vihara dan Gereja di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/10/21). 

Pelaksanaan vaksinasi di tempat ibadah Vihara Buddhayana Dharmawira Centre (BDC) dan Gereja Kristen Indonesia (GKI) ini menunjukkan adanya toleransi beragama pada bangsa Indonesia yang bersifat majemuk (plural), sekaligus sebagai wujud aplikasi pengamalan sila-sila Pancasila. 

Pelaksanaan vaksinasi di tempat ibadah ini menunjukkan bentuk toleransi, soliditas  dan solidaritas antar anak bangsa bersama-sama berjuang melawan Covid-19, tanpa melihat latar belakang perbedaan suku dan agama. Dalam vaksinasi ini terlihat jelas  antara vaksinator dan penerima vaksin yang berbeda agama dan suku, tetapi tetap saling bahu membahu  membantu demi kelancaran  kegiatan vaksinasi.

Serbuan vaksinasi ini merupakan salah satu komitmen TNI AL berinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemkot Surabaya) untuk tetap konsisten membantu pemerintah dalam percepatan pencapaian herd immunity nasional walaupun akhir-akhir ini penularan virus Covid-19 cenderung menurun. 

Vaksinasi massal yang digelar pada hari ini dipusatkan di dua wilayah kecamatan, yakni di Kecamatan Tenggilis, meliputi delapan kecamatan sekitarnya yang pelaksanaannya di Gedung Vihara Buddhayana Dharmawira Centre (BDC), Jalan Raya Panjang Jiwo Permai No.44, Panjang Jiwo, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya. Sementara di Kecamatan Tegalsari dan dua kecamatan sekitarnya dilaksanakan di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Pregolan Bunder, Jalan Tegalsari No. 36 Surabaya. 

Di kedua lokasi tersebut, Koarmada II sebagai panitia pelaksana vaksinasi menyiapkan total 5.000 dosis vaksin Sinovac tahap 2 yang dibagi di masing-masing lokasi sebanyak 2.500 dosis dengan sasaran warga masyarakat Surabaya berusia 12 tahun ke atas. Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan vaksinasi. Koarmada II mengerahkan 6 tenaga kesehatan, sedangkan dari pihak Dinas Kesehatan Surabaya mendukung 75 nakes dengan 25 personel entry data dan 2 mobil ambulance.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang didampingi Walikota Surabaya Erik Cahyadi, saat meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi di Vihara BDC mengatakan, TNI AL sudah berkomitmen untuk membantu Pemkot Surabaya dalam percepatan vaksinasi agar perekonomian bisa lekas pulih. 

“Ini menjadi komitmen kita bersama dengan Pak Walikota dan tentunya seluruh lapisan masyarakat di sini, biar ini sering kita laksanakan, nanti akan terus-menerus kita laksanakan sampai betul-betul masyarakat Surabaya tervaksinasi. Saya perintahkan pada Panglima Armada II, Danlantamal dan Kodiklatal untuk melaksanakan Serbuan Vaksinasi Maritim,” ujar Laksamana TNI Yudo Margono.

Selanjutnya, Kasal beserta rombongan bergerak menuju ke Jombang untuk meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi TNI AL di Pesantren Darul Ulum dan kunjungan ke Pesantren Tebu Ireng. (ARMAN R)

Berita Terkait