Minggu, 17 Oktober 2021 | 07:20:35 WIB

Asops Danlantamal X Jayapura Hadiri Rakor Pam VVIP Closing Ceremony PON XX Papua

Kamis, 14 Oktober 2021 | 05:34 WIB
Asops Danlantamal X Jayapura Hadiri Rakor Pam VVIP Closing Ceremony PON XX Papua

(FOTO : DISPENLANTAMALX/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Asisten Operasi (Asops) Danlantamal X Jayapura Kolonel Laut (P) I Nyoman Surya, menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengamanan (Pam) rencana Kunjungan Kerja (Kunker) Prof. Dr. (H.C) K.H., Ma'ruf Amin (Wakil Presiden RI), di wilayah Kota Jayapura pada Closing Ceremony PON XX Papua Tahun 2021, di Aula Korem 172/PWY, Kelurahan Hedam, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua, Selasa (12/10/21).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Deputi III Bidang Kontra BIN RI Mayjen TNI Sony Apriyanto, SE, MM dan Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan, M. Han. 

Mengawali sambutannya, Deputi III Bidang Kontra BIN RI ini mengatakan, pada pelaksanaan pengamanan RI 1 pada Opening Ceremony 02 September yang lalu dan selama pertandingan di berbagai Cabang Olahraga (Cabor) sampai hari ini dinilai cukup baik.

"Tantangan kita saat ini adalah pengamanan ini belum selesai dan puncaknya ada pada tanggal 15 Oktober nanti kemudian sampai dengan bapak Wapres RI 2 meninggalkan wilayah Jayapura ini," ungkap Mayjen Sony.

"Kita jangan lengah dengan apa yang sudah kita capai atau yang sudah kita laksanakan sampai dengan saat ini, tetapi saya berharap pada saat pelaksanaan Closing Ceremony atau upacara penutupan harus betul-betul bisa kita laksanakan seperti pada saat kita melakukan pengamanan seperti pada saat Opening Ceremony Pembukaan PON XX Papua,," Lanjutnya.

"Untuk itu kita tidak boleh lengah, karena beberapa waktu yang lalu ada gangguan keamanan di perbatasan di batalyon 431, artinya kalau kita melihat dari peta itu wilayahnya tidak jauh dari Jayapura sehingga tidak menutup kemungkinan mereka juga akan melakukan aksi-aksi aksinya untuk menunjukkan eksistensinya," tegasnya.

Diakhir sambutan, Jenderal Bintang 2 ini berharap kerjasama dari EO dengan unsur pengamanan agar  melaksanakan pengamanan Penutupan PON XX di Papua dengan baik, karena pelaksanaan PON XX Papua dengan tidak bisa disamakan dengan pelaksanaan PON di daerah-daerah lain.

"Saya berharap, kita dari masing-masing unsur baik TNI-POLRI dan maupun Forkompinda dapat bekerjasama dengan baik, agar kegiatan pelaksanaan PON XX di Papua dapat berjalan dengan baik," harapnya 

Diwaktu yang sama pula, Danrem 172/PWY dalam sambutannya mengatakan, maksud dan tujuan dari Rakor Pengamanan Wilayah ini, agar bisa menyelaraskan rencana pengamanan bersama untuk pelaksanaan Penutupan PON XX di Papua dapat berjalan dengan baik.

"Kita harus saling membantu sehingga khususnya pada acara pembukaan PON XX bisa berjalan lancar dengan baik dan tidak ada gangguan sedikit pun, kita berharap juga nanti pada saat penutupan ini kegiatan bisa berjalan dengan aman dan lancar serta tidak ada gangguan sedikitpun," ujar Brigjen Izak.

"Di sini perlu kerjasama peran kita masing-masing dan saling membantu untuk itu tujuan kita hanya satu yaitu pelaksanaan PON XX Papua dapat berjalan dengan baik," lanjutnya.

"Oleh karena itu saya minta kepada tiap-tiap bagian agar betul-betul menyimak apa yang disampaikan oleh protokol Wapres RI, sehingga nanti tidak ada yang terlewatkan dan jika ada yang tidak jelas tolong ditanyakan nanti," pintanya.

Diakhir sambutan, Jenderal Bintang Satu ini mengatakan bahwa kegiatan yang sudah disepakati atau sudah ada dari Jakarta yang nanti akan disampaikan oleh protokol Wapres RI akan menjadi acuan dari kegiatan yang sudah ditentukan ini barulah nanti tiap-tiap bagian melihat tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, sehingga tiap bagian bisa mendukung kegiatan ini dengan terpadu terintegrasi dan semua unsur yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini.

"Pada acara pembukaan kita bisa melaksanakan dengan baik dan ketat dikarenakan peserta yang masuk harus memakai gelang tetapi pada saat ini mereka yang masuk hanya memakai undangan dan tingkat kerawanannya akan tinggi karena setiap orang akan menerima u ndangan tetapi belum tentu mereka yang akan masuk, tetapi bisa saja mereka saling menukar undangan untuk masuk," Pungkasnya.

Turut hadi pada kegiatan Rakor PAM tersebut antara lain Kabaglat Rindam XVII/Cenderawasih, Dansatgas Maro BAIS TNI, Kabag Protokol Provinsi Papua, Karoops Polda Papua, Dansatgas Mandala, Project Officer Royalindo/EO, Cordinator Crowd Control/OCC PT Royalindo, serta para tamu dari unsur TNI-Polri lainnya. (ARMAN R)

Berita Terkait