Rabu, 08 Juli 2020 | 08:23:26 WIB

Polisi Berada Dalam TPS,"Netralitas Polisi Dipertanyakan

Rabu, 17 Oktober 2018 | 10:43 WIB
  • Inilah Anggota Polisi PAM TPS 1 Desa Faguduh Brikpol Taufik Yang Duduk Dalam TPS

SANANA,LINDO-Meski sudah ada kesepakan antara  Gakkumdu, KPU, Polda dan Polres Sula  Serta Tim Pasangan Calon bahwa Polisi tidak boleh duduk dalam TPS saat pencoblosan Surat Suara Ulang namun TPS 1 Desa Faguduh Polisi masih terlihat duduk  dalam TPS.

  
Hal ini menunjukan netralitas Polisi patut dipertanyakan, karena dikhawatirkan mengganggu para pemilih saat mencoblos Surat Suara Pada Pemungutan Surat Suara (PSSU) berlangsung.

 

Pantauan Media Lindo.news rabu (17/10/18) tadi di TPS 1 Desa Faguduh terlihat jelas Brikpol Taufik yang PAM di TPS sedang duduk disamping Petugas dalam TPS.


Padahal atas keberadaan Polisi PAM TPS tersebut sudah dijelaskan,  Bripka La Jaya Muhidin yang juga sebagai Anggota Gakumdu Kepsul, yang menjelaskan, bahwa Kehadiran Polisi tujuannya untuk mengamankan jalannya pesta Demokrasi khususnya PSU, Posisi anggota didalam TPS, tidak diboleh, karena Arahan langsung dari pimpinan tertinggi Polri adalah Personil Polri harus berada di luar TPS dan tidak berada di dalam Arel TPS. 


Namun jika eskalasi meningkat atau terjadi perubahan situasi  Untuk Personil Polri PAM TPS bisa bertindak jika ada permintaan dari Ketua  TPS dan Personil PAM tetap melakukan koordinasi dengan Petugas TPS.

"Kami dari pihak Kepolisian tunduk pada peradilan umum jika personil kepolisian melakukan pelanggaran atau tindak pidana pemilu maka kalian dapat melaporkan hal tersebut,"kata Brika La Jaya.


Namun yang terjadi di TPS 1 Desa Faguduh bertolak dengan apa yang sduah disampaikan Gakkumdu Brika Lajaya, karena PAM TPS 1 Desa Faguduh berada dalam TPS.(mtg)