Selasa, 07 Juli 2020 | 05:28:59 WIB

Kolinlamil Laksanakan Gerakan Penghijauan Di Marunda

Minggu, 5 Mei 2019 | 19:48 WIB
  • (FOTO : DISPENKOLINLAMIL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan aksi penghijauan dengan menanam seribu pohon berbagai jenis di Marunda, Jakarta Utara, Jumat (3/5).

Penanaman berbagai jenis pohon ini melibatkan seluruh prajurit Mako Kolinlamil dan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jalarta serta anggota dan pengurus gabungan Jalasenastri Kolinlamil.

Kegiatan pelestarian lingkungan ini merupakan kepedulian Kolinlamil dalam pemberdayaan wilayah pertahanan dengan memanfaatkan lahan tidur agar menjadi produktif, dimana Spotmar Kolinlamil sebagai leading sector.

Acara diawali dengan apel khusus dipimpin oleh Inspektur Kolinlamil (Irkolinlamil) Kolonel Laut (S) Arief Muchtarom, S.E., M.Si (Han) mewakili Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M

Dalam sambutannya, Irkolinlamil Kolonel Laut (S) Arief Muchtarom mengatakan. kegiatan penanaman pohon ini merupakan wujud kepedulian serta ajakan agar seluruh prajurit, Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta Jalasenastri menjaga dan melestarikan lingkungan khususnya laut dan pantai sebagai medan juang Prajurit Matra Laut di manapun bertugas.

Menurutnya, lingkungan pantai saat ini sangat memprihatinkan, oleh karena itu butuh kepedulian dari semua pihak untuk menjaga dan melestarikan dengan berbagai cara, diantara dengan menanam pohon pada lahan kurang produktif.

“Kemajuan industri dan pertambahan penduduk, khususnya di Jakarta telah membawa wilayah pesisir Jakarta dipenuhi bangunan pabrik dan gedung serta perumahan, sehingga mengurangi rawa dan hutan Mangrove yang merupakan daerah resapan dan juga pengatur suhu udara alami, oleh karena itu Kolinlamil memanfaatkan lahan yang masih belum dikelola, sekitar 8 Hektar (Ha) di pesisir Marunda untuk ditanami tumbuhan produktif yang kelak akan bermanfaat bagi lingkungan,” jelasnya.

Ketua Gabungan Jalasenastri Kolinlamil Ny. Yayuk Heru Kusmanto, turut melaksanakan penanaman pohon secara simbolik sebagai awal dari gerakan tanam 1000 pohon.

Usai menanam pohon, Ibu Yayuk berharap 3 atau 4 tahun mendatang dapat terlihat manfaat dari penanaman pohon ini. “Kita sama-sama berharap bahwa kedepan kita dapat memetik hasil dari pohon-pohon yang kita tanam saat ini atau setidaknya udara dan air tanah di sekitar Marunda ini akan terjaga,” harapnya sambil tersenyum.

Ribuan pohon berbagai jenis ini, terdiri dari tanaman keras seperti  Puspa, Rasamala, Agatis, Pulai dan Jati; sedangkan  jenis tanaman buah seperti Duku, Bisbul, Sawo, Sawo kecik, Menteng dan Gowok. Semua jenis pohon tersebut didukung dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Ciliwung Citarum Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.  (ARMAN R)