Minggu, 05 Juli 2020 | 09:40:12 WIB

Menuju Puncak Latancab TNI AD Kartika Yudha 2019, 19 Agustus 2019

Senin, 19 Agustus 2019 | 06:59 WIB
  • (FOTO : DISPENAD/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Berbagai persiapan dan kegiatan dilaksanakan oleh penyelenggara, pelaku dan pendukung dalam rangka menuju puncak  Latihan antar kecabangan (Latancab) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) Kartika Yudha 2019, Brigade Infanteri (Brigif) Para Raider-17/1 Kostrad, yang digelar pada Senin, 19 Agustus 2019, di daerah latihan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklatad, Martapura, Sumatera Selatan (Sumsel)

Hal demikian disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya dalam rilis tertulisnya, di Jakarta, Minggu (18/8).

Menurutnya, berbagai persiapan dan kegiatan pendahuluan serta latihan parsiil telah dilakukan sangat intensif untuk memastikan dan meyakinkan bahwa puncak Latancab tahap dinamika operasi serangan, yang akan disaksikan secara langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.Ip, dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, dapat berjalan secara sinkron, terintegrasi, aman dan lancar, tanpa kendala sedikit pun.

"Sehari sebelumnya, telah dilaksanakan TFG (Tactical Floor Game) yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos yang juga sebagai Komandan Latihan. Hari ini (18/8) juga dilaksanakan latihan parsiil tembakan kesenjataan Armed dan Penerbad serta latihan dalam bentuk kerja sama antar kecabangan," ungkap Brigjen Candra.

Selain menyaksikan puncak Latancab dan memberikan pengarahan kepada seluruh penyelenggara lanjutnya, pendukung dan pelaku, Panglima TNI akan menjajal kecanggihan tembakan senjata Leopard 2RI, yang merupakan salah satu tank tercanggih milik kesenjataan Kavaleri TNI AD ke arah sasaran yang ditentukan.
 
Pada puncak Latancab ini, tidak hanya disaksikan oleh para Pejabat TNI/TNI AD, tetapi juga dapat disaksikan secara langsung oleh warga masyarakat Baturaja dan sekitarnya serta dapat diliput oleh media massa.

"Silakan masyarakat untuk menonton dan menyaksikan serta media massa untuk meliput langsung puncak Latancab dan manuver berbagai Alutsista tercanggih TNI AD dari tempat titik tinjau yang telah ditentukan," ujar Candra.

Ia menambahkan, berbagai Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) terbaru dan canggih dikerahkan  dalam Latancab TNI AD, antara lain 8 unit Kendaraan Tempur (Ranpur) Leopard 2RI, tank Marder dan ARV dari kesenjataan Kavaleri, Roket Astros dan Meriam 155 dari kecabangan Armed, Heli Apache AH-64E, Heli serang BO 105 dan Heli serang AS 550 Fennec dari kecabangan Penerbad  serta ATGM Jevelin dan Nlaw dari kecabangan Infanteri serta berbagai jenis Alutsista lainnya. 

Seperti diketahui, tahapan Latancab TNI AD Kartika Yudha 2019, yang puncaknya digelar pada 19 Agustus ini, telah berlangsung sejak 4 Agustus 2019 dengan melibatkan sekitar 5.000 prajurit, baik sebagai pelaku penyelenggara, maupun sebagai pendukung.

Latancab yang merupakan latihan puncak di lingkungan TNI AD ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme tempur tingkat perorangan sampai dengan satuan setingkat Brigade dan kerja sama antar satuan/kecabangan dalam wadah Brigade Tim Pertempuran. (ARMAN R)