Kamis, 09 April 2020 | 21:58:52 WIB

10 Jamaah Haji Asal Malut Dirawat di Embarkasi Sudiang Makassar

Jum'at, 23 Agustus 2019 | 17:17 WIB
  • Ratusan Jemaah Haji asal Maluku Utara yang telah tiba di embarkassi Makassar, Sulsel, Jumat (23/8/2019). (FOTO: HUMAS KANWIL DEPAG MALUT/LINDO)

MAKASSAR, LINDO - Jemaah Haji asal provinsi Maluku Utara (Malut) yang tergabung dalam kloter tujuh embarkasi/debarkasi Makassar tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar,  pukul 03:55 wita, Rabu (23/7/2019). Jemaah tiba di tanah air dengan menggunakan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GIA1107.

Jemaah yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Sula, Halmahera Barat, dan kota Tidore ini disambut langsung oleh Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba dan Kakanwil Kemenag Malut Sarbin Sehe, Bupati Halbar Dany Missi, Wakil Bupati Halbar Zakir Mando dan Kepala UPT Asrama Haji Hi Ikbal.

Setelah tiba di Bandara, jemaah diangkut menggunakan bus yang disewa oleh Penitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Provinsi Maluku Utara menuju Asrama Haji Embarkasi Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan upacara penyerahan jemaah dari pihak Embarkasi Makassar kepada pemerintah provinsi Maluku Utara, ditandai dengan penyerahan manifest dari Kepala UPT asrama Haji Sudiang Makassar H.Ikbal  kepada Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba, di Saksikan oleh Kakanwil dan Bupati Halbar.

Kakanwil Sarbin Sehe, mengungkapkan Jumlah jemaah haji  kloter 7 yang berangkat ke Madinah 11 Juli lalu itu sebanyak 447 jemaah, terdiri dari Tikep sebanyak 140 jemaah, Halbar 88 jemaah, Haltim 85 jemaah dan Kepulauan Sula 134 jemaah.

"Dalam musim haji tahun ini, ada 4 jemaah kloter 7 yang meninggal dunia yang kesemuanya berasal dari Tikep. 1 jemaah meninggal d Makassar saat hendak berangkat ke Madinah, dan 3 jemaah meninggal ditanah suci,"ungkapnya

Dengan demikian, kata Sarbin, jemaah yang pulang kembali tanah air sebanyak 443 jemaah ditambah dengan 5 petugas kloter.

"Namun, ada 10 jmaah yang saat tiba di asrama haji Sudiang langsung dirawat Klinik Asrama Haji karena gangguan kesehatan dan kelelahan,"akunya

Informasi yang dihimpun, nama-nama 10 jemaah yang dirawat di Klinik Asrama Haji Sudiang Makassar, yakni.

1. Hj Sumiati, dari Kepulauan Sula

2. Hi Ibrahim Husain, dari kota Tikep

3. Hj Nurfa Papuangan, dari kab Kepsul

4. Hi Bambang Kuncoro, asal dari Tikep

5. Hi Jafar Saleh Jae, asal dari kota Tikep

6. Hi Nuh Muhammad, asal dari kota Tikep

7. Hi Halim Maji, asal dari Tikep

8. Hi Rifai Suma Haji, asal dari kab Halbar

9. Hj Awam Ismail, asal dari Tikep

10. Hi Tahir Masuku, asal dari kab Sula. 

 

ALDY M/TIMES-INDO