Senin, 20 Januari 2020 | 06:01:31 WIB

Pangkalan Pramuka SMK KAL-1 Laksanakan Mugus

Sabtu, 7 September 2019 | 20:26 WIB
  • (FOTO : YHT/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Untuk lebih mengaktifan gugus depan Pangkalan Pramuka, SMK KAL-1 Surabaya mengadakan Musyawarah Gugus Depan (Mugus) sekaligus Pengukuhan/Pelantikan Ketua Majelis Pembimbing Gugus  Depan (Kamabigus) dan Mabigus Pangkalan Pramuka SMK KAL-1  oleh Kak Miftakhul Huddin, S.Pd.SD dari Koordinator Wilayah V dan Waka Binamuda Kwarran Krembangan Surabaya Selaku Pembina Upacara.

Acara ini dilaksanakan di RPS (Ruag Praktek Siswa) dimulai tepat pukul 08.30 WIB. Nama gudep pangkalan SMK KAl-1, yaitu Ambalan Yos Sudarso- Christina Tiahahu No. 17.009 – 17.010 yang diambil dari dua nama Pahlawan Nasional.

Rangkaian Mugus diawali dengan pembentukan Ketua Komisi A, B dan C. Komisi A membidangi Program kepramukaan diketuai oleh Kak Parman yang kesehariannya sebagai Waka Kesiswaan, Komisi B membidangi sarana dan prasarana diketuai oleh Waka Sarpras Kak Sukarno PJ dan Komisi C membidangi sumber pendanaan diketuai oleh Kak Ida Muji.

Tiga Presidium Kak Mifthakhul Huddin,Spd, Waka Kurikulum Kak Munawar S.Pd dan Waka Humas Kak Agus,ST, memimpin jalannya musyawarah sekaligus memilih Kamabigus sesuai dengan Anggaran Dasar/Anggaaran Rumah Tangga (AD/ART) dan memilih Pembina gugus depan putra dan gugus depan putri, pembagian komisi sekaligus diskusi di setiap komisi, dan pemaparan hasil musyawarah komisi.

Dalam acara pelantikan ini, dilaksanakan secara simbolis Kak Uddin memberikan tanda jabatan kepada Kak Drs Burhan, M.Pd sebagai (Ketua Mabigus) SMK KAL-1, Kak Ketut Patika, S.Pd., M.Si selaku Pembina Gugep 17.009 dan Kak Sri Sumiyati,MM selaku Pembina Gudep 17.010.

Kamabigus SMK KAL-1 Kak Burhan dalam mengawali jalannya musyawarah gugus depan (Mugus), mengharapkan agar dapat menghasilkan  kinerja dan prestasi gugus depan  Pangkalan SMK KAL-1 sehingga mampu memberikan kebanggaan  bagi masyarakat dan mampu menjadi  teladan di lingkungan Kwarran Krembangan.

Sementara itu, Kak Uddin dalam sambutannya menyampaikan, tujuan Mugus yang dilaksanakan ini adalah untuk pertanggung jawaban pengurus periode sebelumnya, juga mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan gerakan Pramuka untuk periode yang akan datang.

“Semoga kedepannya kegiatan Pramuka, khususnya di pangkalan SMK-KAL 1 berjalan maksimal dengan support dan dukungan penuh dari para Mabigus, menghasilkan generasi muda yang berdaya saing tinggi dan mampu menjawab tatantangan zaman serta dapat membentuk karakter generasi muda, khususnya di SMK-KAL 1 yang sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Darma,” harapnya.

Turut hadir dalam Mugus, antara lain Hari Subagio selaku Andalan Ranting urusan Penegak, Sahrul selaku Andalan Ranting urusan Binawasa serta para alumni yang turut aktif dalam kegiatan kepramukaan di SMK KAL-1 Surabaya.  (ARMAN R)