Sabtu, 07 Desember 2019 | 23:04:19 WIB

Tidak Usah Takut Untuk Belajar, Mahasiswa Papua Mendapat Jaminan Keamanan

Selasa, 10 September 2019 | 10:48 WIB
  • (FOTO : LIPUTAN6.COM/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, mengatakan khusus bagi pelajar dan mahasiswa Papua dan Papua Barat, mereka akan terus dipantau dan dijamin keamanannya.

"Kami jamin mereka tidak ada tekanan apa-apa, tidak ada masyarakat yang akan mengganggu mereka. Mereka akan dijamin pejabat setempat supaya tenang belajar dan dilindungi, memperlakukan mereka sebagai keluarga," jelas Wiranto saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) tingkat menteri, Senin (9/9/2019) di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta.

Rektor Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Neil Samuel Rupidara meminta seluruh mahasiswa Papua di UKSW untuk tetap tenang dan dapat menjaga suasana hati yang damai dan penuh kasih sebagai salah satu ciri komunitas Kristiani seperti UKSW.

“Menyelesaikan pendidikan tinggi dengan baik adalah modal penting yang diperlukan untuk membangun Tanah Papua pada khususnya dan Indonesia pada umumnya, untuk menjadi masyarakat dan bangsa yang bermartabat dan merdeka dalam arti yang hakiki. Bukan berpengertian politik yang sempit,” kata Neil di Salatiga, Senin, (9/9).

UKSW lanjutnya, yang merupakan kampus Indonesia Mini ini, di dalamnya terdapat lebih dari 1.000 mahasiswa Papua berkuliah.

Sementara itu, Kombes Pol Ery Apriyono menyebutkan, Polda Aceh telah melakukan pendekatan persuasif dan merangkul mahasiswa Papua dan Papua Barat yang sedang menimba ilmu di sejumlah perguruan tinggi di Provinsi Aceh.

“Polda Aceh menunjuk dua personel sebagai mentor para mahasiswa Papua dan Papua Barat. Kedua personel Polri tersebut memahami kultur budaya Indonesia bagian timur yang simpatik dan bersahabat,” tutur Kombes Pol Ery Apriyono. (ARMAN R)