Selasa, 22 Juni 2021 | 07:58:27 WIB

Persiapan Pilkades di Desa Bobaneigo Menunggu Hari H

Senin, 23 September 2019 | 15:57 WIB
  • Hi Ayub Musa Kades Bobaneigo. (FOTO: ALDY/LINDO)

HALUT, LINDO - Jelang Pemilihan Kepala Desa secara serentak di Kabupaten Halmahera Utara, pada 30 September 2019 nanti, segala persiapan di desa-desa mulai dari penarikan nomor urut calon, daftar pemilih, dan sejumlah persiapan lainnya mulai disiapkan oleh panitia pemilihan kades.

Seperti di desa Bobaneigo, Kecamatan Kao Teluk, Kabupaten Halmahera Utara, tampak terlihat kesibukan panitia yang sudah mulai padat. Sesuai aturan pilkades, masyarakat yang ada di Desa Bobaneigo sudah siap melaksanakan pemilihan pilkades pada 30 September 2019.

Kepala desa Bobaneigo Hi Ayub Musa mengatakan di desanya sudah siap melaksanakan pemilihan kepala desa. Sejumlah pelaksanaan pilkades, mulai daftar pemilih hingga penetapan nomor urut bakal calon kepala desa di desa tersebut sudah rampung 90 persen.

"Kalau di desa kami seperti anda lihat hampir semua sudah siap, menunggu pelaksanaan di hari H saja. Sementara bakal calon kades sudah siap segalanya, termasuk visi misi para kandidat di hadapan publik. Dan intinya, kami semua sudah siap secara lahir batin untuk maju dalam bursa calon kades di Bobaneigo," kata Ayub.

Ayub yang juga maju sebagai calon dari incumbent ini, menegaskan dirinya sudah siap dan punya keyakinan bahwa dirinya akan menang dalam pilkades tahun ini.

"Kalau anda tanya target menang, tentu saya jawab yakin menang. Tapi semua itu saya kembalikan pada hak-hak masyarakat," tegas Ayub.

Dalam kesempatan itu, Ayub meminta pada masyarakat desa Bobaneigo agar pesta pilkades ini jangan dijadikan sebagai ajang kepentingan semata, namun tetap menjaga tali silaturahmi diantara kita.

"Biarlah berbeda dalam pilihan, namun kebersamaan kita tetap jaga yaitu melalui talisilaturahmi yang selama ini kita jaga. Tidak ada yang kotak-kotak, semua disini aman terkendali," ujarnya.

Sementara itu, pantauan media ini sejumlah persiapan baik itu lokasi tempat pemungutan suara hingga pengamanan di hari H sudah siap. Aktifitas masyarakat jelang pilkades terpantau aman terkendali, sejumlah aparat kepolisian juga ikut memantau situasi kamtibmas. Secara umum wilayah itu bisa digambarkan aman terkendali.

Berikut ini 4 kandidat calon kades desa Bobaneigo:

1. Hi Ayub Musa
2. Rais Dero
3. Mafud Suleman
4. Jafar Kapita
Sedangkan jiwa pilih di desa Bobaneigo kurang lebih tiga ribu.

ALDY M