Kamis, 13 Agustus 2020 | 18:25:08 WIB

Hut Ke 74 Marinir Di Tuban Dimeriahkan Dengan Festival Layang - Layang

Rabu, 13 November 2019 | 14:42 WIB
  • (FOTO : DISPENKORMAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO  - Komunitas Layang Layang menggelar “Tuban National Kite Festival”, di lapangan Puslatpur Marinir Animha Tuban, Jawa Timur (Jatim). Festival ini dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (Hut) ke 74 Korps Marinir. Festival ini  diikuti oleh Komunitas layang layang dari beberapa Provinsi. Puluhan layang layang Naga menghiasi dirgantara, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Jatim, Minggu (10/11).

“Puslatpur Marinir Animha Tuban bekerja sama FKP3AL ( Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Angkatan Laut ) Kabupaten Tuban dan  pengurus Talikama Tuban dalam rangka Hut Marinir ke 74 mengadakan festival layang layang di lapangan Marinir Animha Tuban. Layang layang yang di lombakan layangan tradisional (Sowangan), layangan 2 D dan 3 D dan Train Naga,” kata Komandan Puslatpur Marinir Animha Tuban Mayor Marinir Nanang Setiyawan. 

Peserta lomba layang layang berasal  dari berbagai daerah di Jatim, dari Jawa Tengah, Yogjakarta dan Kalimantan Selatan. Para peserta membawa layangan yang terbaik bahkan yang pernah mengikuti beberapa kali lomba tingkat Nasional. Jumlah peserta yang mengikuti lomba layang layang sebanyak : layangan jenis 2 D dan 3 D diikuti sebanyak 20 Club, Layang Train Naga 14 Club, Layangan Tradisional 17 club. 

Sementara itu, dalam sambutannya,  Ketua FKP3AL Kabupaten Tuban, Dimjadi, S.Pd, SH menyampaikan terima kepada pihak yang sudah mendukung terlaksananya lomba layang layang tingkat Nasional di Tuban dalam rangka Hut Marinir ke 74.

Kepala Bidang Pariwisata kabupaten Tuban, Suwanto dalam sambutannya, mengapresiasi even festival Layang layang dalam memperingati HUT Marinir ini. “Kami berharap even layang layang ini lebih di tingkatkan ke even Internasional. Perlu di ketahui kabupaten Tuban tahun 2019 ini sudah menjadi 2 tuan rumah even PORPROV Jawa Timur dan MTQ Jawa Timur.,“ harap Suwanto.

Selepas acara sambutan dibuka dengan menaikkan layang layang secara simbolis oleh tamu Undangan dan Forpimcam Bancar. Tamu Undangan yang hadir Dinas Pariwisata, Ketua KONI Tuban, Anggota DPR RI dan Forpimcam Bancar.

Nampak penjual layang layang berjajar di sepanjang tempat parkir sampai di lokasi lapangan lomba. Masyarakat makin siang berbondong bondong mendatangi lokasi lomba layang layang. Ibu ibu sambil membawa anak anak nya untuk menonton lomba layang layang.

Belasan layang layang Naga mengudara satu persatu ke angkasa Tuban. Angkasa lapangan Puslatpur di penuhi belasan layangan Naga yang menarik perhatian dari masyarakat pengunjung.

Nama Club pemenang layangan Tradisional, yaitu Juara I : Garuda Indonesia, Juara II. Barongan, Juara III. Bali Fantastis, Juara harapan I. Semar mesem, Juara Harapan II. Dandang Bekatan. 

Juara layangan 2D dan 3D : Juara I. Gatot Kaca Gaul, Juara II. Biota Laut, Juara III. Ngantar sekolah, Juara Harapan I. Kuda Laut dan Juara Harapan II. Blimbing. Jenis Train Naga Juara I. Naga Bumi, Juara  II. Naga sura, Juara III. Sekar Langit, Juara Harapan I. Naga Bahalap, Juara Harapan II Naga Sang Hyang. (ARMAN R)