Jumat, 18 Juni 2021 | 05:42:00 WIB

Dana Desa Bermasalah, Kinerja Inspektorat Pulau Taliabu Dikritisi Warga

Senin, 30 Desember 2019 | 19:26 WIB
  • Riski Ode Sinaga. (FOTO: RUDI/LINDO)

TALIABU, LINDO - Riski Ode Sanaga, S.AB salah satu putra desa Losseng, merasa kesal atas kinerja Inspektorat Pulau Taliabu atas hasil audit di Desa Losseng, sampai saat ini tidak ada titik terang.

Padahal kepala inspektur Jufri Sahrudin, sudah menegaskan ke beberapa media bahwa hasil audit dari tim Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) yang dibentuk oleh Bupati sudah di utus langsung ke Desa Losseng dan sudah mengantongi hasil temuannya, tinggal tunggu kedatangan Bupati untuk di serahkan hasil temuannya, Senin (30/12/2019).

Riski saat dikonfirmasi menegaskan bahwa ia terus mengikuti perkembangan soal audit inspektorat Pulau Taliabu soal penggunaan dana desa yang ada disejumlah desa di kabupaten Pulau Taliabu.

"Saya akan mengikuti terus perkembangan kasus ini dan juga selama proses audit dari inspektorat, maka saya harap kepada Inspektorat Kabupaten Pulau Taliabu jangan pernah bermain-main atas kasus ini karna saya pribadi akan terus mengawal," kata Riski.

Lebih lanjut Riski mengungkapkan jika Inspektorat sudah mengantongi hasil audit di desanya, maka secepatnya ditindaklanjuti.

"Saya kira kalau dari pihak inspektorat suda kantongi temuan dari hasil audit di Desa Losseng, lantas mengapa harus berlama-lama dalam menindak lanjuti masala ini," tegas Riski

Dikutip dari beberapa media, Kapala Inspektorat menyampaikan bahwa Kades Desa Losseng sudah tidak akan Lolos dari kasus dugaan penyalahgunaan Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), dan hasil audit suda mencapai 98 persen, lantas masih juga di biarkan untuk mengelolah anggaran Dana Desa (DD) tahap 3.

"Kita liat saja kalau memang inspektorat tidak mampu menindaklanjuti masalah ini, maka saya akan langsung ke Polda Maluku Utara, untuk menindaklanjutinya," ucap Riski

Dalam kesempatan itu, Riski meminta pada inspektorat agar jangan bermain hasil audit dengan penyalahgunaan anggaran desa tersebut.

"Saya harap kepada Inspektorat Kabupaten Pulau Taliabu, jangan bermain-main atas kasus dugaan penyalahgunaan angaran desa di desa Losseng. Segara secepat mungkin untuk di proses sesuai hukum yang berlaku," tutup Riski.

RUDI UTER