Rabu, 26 Februari 2020 | 08:07:51 WIB

Grand Launching "Garuda Di Lautku", Kasal Serahkan Maket Garuda Kepada Gubernur Sulsel

Sabtu, 18 Januari 2020 | 13:17 WIB
  • (FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., didampingi Ketua Umum (Ketum) Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji, menghadiri acara Grand Launching “Garuda Di Lautku”, di Wisma Negara Center Point Of Indonesia (CPI), Kota Makassar , Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (17/1). 

Dalam acara Grand Launching yang mengusung tema “Garuda Di Lautku, Lestari Terumbu Karangku, Sejahtera Bangsaku” tersebut, Kasal menyerahkan maket Garuda kepada Gubernur Sulsel Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr., sebagai simbol gerakan untuk mencintai laut yang dilandasi semangat kebhinekaan serta bela negara.

Dihadapan ribuan hadirin, dalam sambutannya, Kasal mengatakan, gerakan transplantasi terumbu karang yang diselenggarakan ini bukan hanya acara simbolis semata, namun seyogyanya dapat menjadi pola tindak kita secara nyata dalam turut serta melestarikan alam dan tentunya hal ini membawa dampak positif dalam memulihkan kembali ekosistem laut dan membentuk Burung Garuda membangkitkan jiwa kebangsaan serta mendorong wisata bahari. 

Menurutnya, dalam acara tranplantasi terumbu karang ini, sesuai dengan namannya "Grand Launching Garuda Di Lautku", Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menggunakan konsep transplantasi terumbu karang dalam bentuk Burung Garuda yang maknanya lambang negara Burung Garuda setia mengawal kemerdekan dan menjadi perekat serta pemersatu bangsa Indonesia yang penuh dengan kekayaan dan keragaman.
 
Selain itu, konsep transplantasi terumbu karang dalam bentuk Burung Garuda merupakan simbol untuk menghadirkan Burung Garuda sebagai pemersatu di laut yang akan divisualkan secara total di laut Indonesia tepatnya di dasar laut Pulau Kodingareng Keke.

“Kita patut berbangga bahwa event ini merupakan sejarah baru karena untuk pertama kalinya garuda raksasa dengan rangka besi sebagai media transplantasi terumbu karang menampakkan diri di dasar laut Indonesia, tepatnya di dasar laut Pulau Kodingareng Keke,” ungkap Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Dalam kesempatan tersebut, tampak Kasal selalu tersenyum menyaksikan atraksi ala milenial ratusan gitaris berbaris membentuk Burung Garuda mengiring lagu-lagu penyemangat seperti lagu Kebyar Kebyar, Bendera, Rumah Kita dan Paradise City. Selanjutnya tampak ditampilkan juga Tari Padupa, Tari Empat Etnik dan Parade Budaya.

Dalam acara tersebut, turut dihadiri antara lain Wakil Gubernur (Wagub) Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, S.T., Aspam Kasal Laksda TNI Angkasa Dipua,S.E., beserta dan Ibu Nita Angkasa Dipua, Aspotmar Kasal Mayjen TNI  Mar Bambang  Suswantoro, S.H.,M.H., Mtr (Han)., beserta Ibu Alike Prasanti, Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E.,M.M.,  beserta Ibu Sri Rahayu Ningsih, Kapolda Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin, Danlantamal VI Makassar, Pangkosekhanudnas II, pejabat unsur maritim Sulsel dan para pejabat TNI Polri Makassar serta Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. (ARMAN R)