Sabtu, 06 Juni 2020 | 19:58:05 WIB

TNI AL - Fakultas Hukum UI Gelar Kursus Hukum Kontrak Dan Perjanjian

Senin, 17 Februari 2020 | 18:28 WIB
  • (FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Dinas Pembinaan Hukum Angkatan Laut bersama dengan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI), melaksanakan kegiatan kursus yang membahas tentang Hukum Kontrak dan Perjanjian Tahun Anggaran (TA) 2020, di Fakultas Hukum UI, Depok, Jawa Barat, Senin (17/2).

Kursus yang dibuka oleh Kasubdis Kermajian Dinas Pembinaan Hukum Angkatan Laut, Kolonel Laut (KH) Fitriyadi Darmawan, S.H., M.H., mewakili Kepala Dinas Pembinaan Hukum (Kadiskum) Angkatan Laut, Laksma TNI Kresno Buntoro, S.H., L.L.M., Ph.D., ini, dilaksanakan mulai 17 sampai dengan 26 Februari 2020 dan diikuti 30 orang Perwira/PNS jajaran Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) seluruh Indonesia.

Kasubdis Kermajian Diskumal saat membuka pelatihan ini mengatakan, pengadaan barang atau jasa pemerintah bukan saja hanya suatu proses untuk mendapatkan penyedia barang jasa, tetapi harus dimaknai secara luas memiliki peranan yang penting dan strategis dalam pelaksanaan pembangunan nasional, khususnya pembangunan alutsista di lingkungan TNI AL.

“Untuk itu, personel TNI AL dituntut mampu memahami dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maupun peraturan terkait dengan kontrak dalam pengadaan barang/jasa dan perjanjian dalam mengantisipasi segala risiko atau kerugian yang dapat merugikan negara maupun TNI AL,” ujarnya.

Kasubdis berharap, melalui kegiatan ini, peserta dapat memahami penyusunan konsep perjanjian yang baik dan melaksanakan pengadaan barang/jasa sesuai mekanisme peraturan yang berlaku, sehingga terwujud pengadaan barang/jasa sesuai prinsip-prinsip yang efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, adil dan akuntabel, serta menghasilkan barang/jasa di lingkungan TNI AL yang tepat dari setiap anggaran yang dibelanjakan dan terukur dari aspek kualitas, jumlah, waktu, biaya, lokasi dan penyedia.

Hadir pada pelaksanaan kegiatan tersebut Wadek II Bidang Sumberdaya Ventura dan Administrasi Umum FH UI Parulian P. Aritonang, S.H., LL.M., MPP., Paban III Srenal,  perwakilan dari Disminpersal, Disadal dan Disdikal serta perwira Diskumal. (ARMAN R)