Kamis, 04 Juni 2020 | 04:02:46 WIB

Danlantamal XII Pontianak Pimpin Upacara Bendera 17-An

Selasa, 18 Februari 2020 | 10:47 WIB
  • (FOTO : DISPENLANTAMALXII/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) Laksma TNI Agus Hariadi memimpin upacara bendera 17 Februari 2020, di lapangan apel Markas Komando Lantamal Jeruju, Jalan Komodor Yos Sudarso no.1, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Senin (17/2/20)

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) yang dibacakan Komandan Lantamal (Danlantamal) XII mengatakan, pada kesempatan Upacara Bendera kali ini, merupakan momen yang baik untuk menyampaikan arahan kepada segenap personel Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), sehingga para anggota serta Pegawai Negri Sipil (PNS) di lingkungan TNI AL dapat memahami alur kebijakan dan arah pelaksanaan serta pengembangan Organisasl TNI AL. 

Menurutnya, bersama ini, khususnya memasuki Rencana Strategis (Renstra) baru 2020-2024. Kita harus menyadari secara kolektif organisasi bahwa dinamika perubahan lingkungan strategis baik global maupun regional akan mempunyai dampak baik langsung maupun tidak langsung terhadap kesuksesan dalam mewujudkan TNI AL yang mempunyai kemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global. Dengan demikian, hal ini menuntut adanya sinkronisasi dan koordinasi yang lebih baik lagi antar bagian dan satker TNI AL, agar menjadi tangguh dalam menghadapi segala tantangan serta perubahan yang terjadi.

"Kita telah memasuki tahun 2020, yang merupakan awal dari Renstra keempat selama 5 tahun kedepan. Sebagai konsekuensinya, para pengawak organisasi harus lebih responsif terhadap perkembangan sltuasi dan kondisi lingkungan sekitar kita harus mampu memberikan sumbangsih pemikiran dan inovasi yang mutakhir, khususnya dalam era revolusi industri 40 ini. Segala daya upaya bersama diperlukan untuk mewujudkan Angkatan Laut yang efektif, efisien dan berkinerja tinggi guna mendukung berbagai kebijakan Pemerintah,” ujar Kasal. 

Pemerintah telah mencanangkan tema “SDM Unggul, Indonesia Maju” yang berfokus kepada peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai bentuk implementasinya, maka seluruh program harus tersinkronisasi serta berorientasi kepada peningkatan kapabilitas dan kapasitas kekuatan angkatan laut yang didasari oleh SDM yang profesional, kompeten dan bermoral, diikuti dengan peningkatan kesejahteraan prajurit.

Faktor SDM merupakan tulang punggung pencapaian pembangunan pertahanan. TNI AL harus diawaki oleh Prajurit yang terlatih, terdidik, dilengkapi secara baik dan dijamin kesejahteraannya sesuai dengan jati diri prajurit TNI sebagai Tentara profesional.

Selain harus membangun kekuatan pertahanan Negara yang tangguh serta mendidik SDM yang mampu berkompetisi di era teknologi ini, kita juga perlu memahami dan mengantisipasi segala bentuk ancaman yang terkadang tidak tampak di permukaan. Dalam kurun waktu belakangan ini. ada beberapa lsu keamanan yang menarik perhatian dunia.

Yang terpenting, diperlukan kemampuan dari setiap pemimpin dari satuan yang terkecil sekalipun, untuk mampu mengendalikan satuannya dengan jalan memberikan arahan dan contoh yang baik kepada prajuritnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Komandan (Wadan) Lantamal XII Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno,S.E, Aspers Danlantamal XII Letkol Laut (KH) Ign Suarsana, S.sos, Aslog Danlantamal XII Letkol Laut (T) Mokhamad Subur S.T, Aspotmar Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Dofir, Kadis dan Kasatker jajaran Lantamal XII serta seluruh Prajurit dan PNS Lantamal XII Pontianak. (ARMAN R)