Rabu, 03 Juni 2020 | 23:38:31 WIB

Danpos Tobelo Utara Koramil 1508-01 Tobelo Isi Khutbah Jum'at Di Wilayah Binaan

Jum'at, 21 Februari 2020 | 14:20 WIB
  • Foto WHY Kodim 1508 Tobelo.

Lindo Halut - Salah satu cara yang dilakukan oleh seorang prajurit TNI dalam berkomunikasi sosial dan mendekatkan diri dengan warga masyarakat dan Tuhan, adalah dengan kegiatan spiritual atau ibadah. Seperti halnya yang dilakukan Danpos Tobelo Utara Koramil 1508-01/Tobelo Pelda Abd. Kadir Assagaf memberikan Khutbah Shalat Jumat dengan judul Khutbah “Rumus mencari ridha Allah SWT". Bertempat di Masjid Nurul Bahar Desa Tolonuo Kec. Tobelo Utara Kab. Halmahera Utara, Jumat (21/02/2020).

Dalam Khotbahnya Pelda Abd. Kadir Assagaf menyampaikan, kalau kita amati dalam fenomena masyarakat saat ini teramat sangat banyak hamba-hamba Allah yang di tuangkan di dalam Firman Allah SWT yang dituliskan dalam Al Qur'an surat Al Balad (90) ayat 10 sebagaimana tercantum diawal khutbah ini. Allah SWT memberikan dua pilihan jalan, yaitu pertama "Imma syakura" adalah jalan yang mendapatkan syukur nikmat dari Allah dan kedua "Imma Kafura"adalah jalan yang kufur.

Betapa banyak manusia yang keliru di dalam mencari rumus-rumus Allah SWT, ketika Allah memberikan jalan yang "Imma syakura" tetapi justeru mereka menempuh jalan yang "Imma kafura", karena yang diperuntuhkan adalah tidak mempergunakan hati, mata dan telinganya sesuai dengan ketentuan-ketentuan Allah SWT, katanya.

Lanjut dikatakan, pada tataran manusia tahu tetapi pura-pura tidak tahu, bisa jadi konsep "Sehat wal 'afiat" itu banyak  orang yang sehat matanya tetapi tidak 'afiat karena matanya tidak di pergunakan dalam melihat tanda-tanda kebesaran Allah, banyak yang telinganya sehat tetapi tidak 'afiat karena telinganya tidak tersentuh, banyak yang badannya sehat tetapi tidak 'afiat karena tidak mengabdikan dirinya kepada Allah. Banyak orang yang memiliki penghasilan yang luar biasa tetapi malas berzakat, banyak orang yang mempunyai kemampuan dengan badannya tetapi tidak mampu untuk "Takbiratul Ihram", karena sehat tetapi tidak 'afiat.

Seandainya kita mempunyai kemampuan, maka bershedaqahlah dengan apa yang kita miliki sebagai pengabdian untuk mencari ridho Allah SWT, pungkasnya. (MFE)